10 Ciri Ciri Homo Sapiens Menurut Fosil Yang Ditemukan

76
10 Ciri Ciri Homo Sapiens Menurut Fosil Yang Ditemukan

Ciri-Ciri Homo Sapiens – Homo Sapiens merupakan manusia purba modern yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Homo sapiens disebut pula manusia berbudaya karena peradaban mereka cukup tinggi. Dibandingkan dengan manusia purba sebelumnya, Homo sapiens lebih banyak meninggalkan benda-benda berbudaya. Diduga, mereka inilah yang menjadi nenek moyang bangsa-bangsa di dunia.

Penemuan Fosil Homo Sapien

Fosil Homo sapiens di Indonesia ditemukan di Wajak, dekat Tulungagung, Jawa Timur, oleh Von Rietschoten pada tahun 1889. Fosil ini merupakan fosil pertama yang ditemukan di Indonesia, yang diberi nama Homo Wajakensis atau manusia dari Wajak. Fosil ini kemudian diteliti ulang oleh Eugene Dubois.

10 Ciri Ciri Homo Sapiens Menurut Fosil Yang Ditemukan
Fosil homo sapiens tertua di dunia

Manusia purba ini memiliki tinggi badan 130-210 cm, berat badan 30-150 kg, dan volume otak 1350-1450 cc. Homo Wajakensis diperkirakan hidup antara 25.000 – 40.000 tahun yang lalu. Homo Wajakensis memiliki persamaan dengan orang Australia purba (Austroloid).

Baca: 10 Ciri Ciri Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

Sebuah tengkorak kecil dari seorang wanita, sebuah rahang bawah, dan sebuah rahang atas dari manusia purba itu sangat mirip dengan manusia purba ras Australoid purba yang ditemukan di Talgai dan Keilor yang rupanya mendiami daerah Irian dan Australia. Di Asia Tenggara ditemukan pula manusia purba jenis ini di antaranya di Serawak, Filipina, dan Cina Selatan.

Ciri Ciri Homo Sapiens

Menurut fosil yang ditemukan, Homo Sapiens bisa dijelaskan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berdiri dan berjalan tegak.
  2. Tinggi tubuh 130-210 cm.
  3. Otak lebih berkembang dari pada Meganthropus dan pithecanthropus.
  4. Volume otak antara 1.000 sd 1.200 cc.
  5. Otot tengkuk mengalami penyusutan.
  6. Otot kunyah, gigi, dan rahang sudah menyusut.
  7. Tonjolang kening sudah berkurang dan sudah berdagu.
  8. Muka tidak menonjol ke depan.
  9. Memiliki dagu dan tulang rahang yang tidak terlalu kuat.
  10. Mempunyai ciri-ciri ras Mongoloid dan Austramelanosoid.

Manusia praaksara yang termasuk Homo Sapiens adalah Homo Soloensis dan Homo Wajakensis. Homo Sapiens termasuk nenek moyang yang menurunkan ras-ras manusia sekarang ini. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here