10 Ciri Khusus Burung Hantu Beserta Fungsinya

76

Ciri Ciri Khusus Burung Hantu dan Fungsinya – Setiap makhluk hidup diciptakan memiliki ciri-ciri khusus baik itu hewan atau tumbuhan, ciri-ciri tersebut memiliki beragam fungsi dan manfaat yang kebanyakan berguna untuk kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut. Selain itu perbedaan ciri-ciri tersebut juga disebabkan oleh tempat dimana dia hidup, seperti iklim dan cuaca, serta lingkungan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan ciri-ciri khusus salah satu hewan, yaitu burung hantu. Apa itu hewan burung hantu dan apa ciri khusus dari burung hantu, berikut penjelasan dan fungsinya!

Burung hantu adalah salah satu burung dari kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk ke dalam golongan burung buas atau bisa dibilang burung karnivora (pemakan daging) dan juga merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. Burung Hantu sendiri seluruhnya terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali benua Antartika, sebagian besar tersebar di Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil. Tidak terkecuali di Indonesia.

Ciri Khusus Burung Hantu

Seperti halnya hewan lainnya, burung hantu juga memiliki ciri-ciri khusus yang hanya dimiliki oleh burung hantu. Bahkan, burung hantu disebut sebagai hewan yang memiliki ciri khusus paling unik, salah satu diantaranya adalah mampu memutar lehernya hingga lebih dari 180 drajat. Lalu apa ciri khusus lainnya, berikut ciri khusus burung hantu beserta fungsinya.

Ciri-Ciri Khusus Burung Hantu Beserta Fungsinya

Berikut ciri-ciri khusus yang terdapat pada burung hantu dan tidak dimiliki hewan atau burung lainnya.

  1. Lehernya dapat berputar hingga 180 derajat berfungsi untuk melihat mangsanya
  2. Pendengaran yang tajam berfungsi untuk mengetahui keberadaan mangsanya
  3. Memiliki mata yang bisa membuka pupil lebih lebar, berfungsi untuk melihat memangsa pada malam hari.
  4. Mempunyai 3 kelopak mata, berfungsi untuk mengejapkan mata bila ada gangguan, tidur dan membersihkan mata.
  5. Memiliki Bulu berbeda dari hewan lainnya, berfungsi untuk meredam bunyi agar dapat memfokuskan mangsa
  6. Aktif dimalam hari (nokturnal), kecuali beberapa jenis burung hantu yang akif di siang hari.
  7. Di negara barat, hewan ini diberi simbol kebijaksanaan, namun  di beberapa tempat di Indonesia dianggap sebagai pratanda maut, maka namanya Burung Hantu.
  8. Kelompok burung dari ordo Strigiformes.
  9. Termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging)
  10. Terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui dengan populasi di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Nah, itulah 10 ciri ciri burung hantu beserta fungsinya yang dapat saya bagikan untuk Anda, jawaban tersebut saya kutip dari situs brainly yang sudah terbukti terverifikasi kebenarannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai materi morfologi dan adaptasi makhluk hidup dengan lingkungannya, dengan kata kunci ciri khusus burung hantu, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here