15 Contoh Interaksi Antar Individu (Interaksi Sosial)

93

Apa yang dimaksud interaksi sosial? Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu yang saling memengaruhi satu sama lain. Interaksi sosial bisa antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok.

Beberapa para ahli juga berpendapat bahwa interaksi sosial adalah suatu kejadian yang saling memengaruhi antara satu sama lain saat dua orang atau lebih hadir bersama. Jadi, jika dua orang atau lebih tersebut bertemu bersama dan melakukan suatu tindakan yang saling memengaruhi, maka itu disebut dengan interaksi sosial karena mereka melakukan interaksi berupa komunikasi.

Daftar Isi

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Interaksi sosial merupakan istilah yang menggambarkan bagaimana dua atau lebih orang bertemu dan saling memengaruhi antara satu sama lain. Interaksi sosial juga memiliki syarat-syarat di dalamnya yang membentuk interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi.

1. Kontak Sosial

Kata kontak sosial berasal dari bahasa latin “Con” yang artinya bersama-sama yang menyangkut orang banyak, dan “Tangere” yang artinya bersentuhan atau menyentuh.

Kontak sosial adalah suatu bentuk hubungan sosial yang terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Kontak sosial juga bisa diartikan sebagai suatu hubungan antara individu yang saling berinteraksi dengan individu lain atau kelompok.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses interaksi dimana seorang individu, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan orang lain dan juga lingkungan.

Definisi lainnya, komunikasi merupakan suatu proses penyampaian kata atau pesan atau pihak satu ke pihak lain agar terjadi interaksi yang saling mempengaruhi antar keduanya. Supaya komunikasi dapat berjalan ole kedua belah pihak harus menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti.

Nah, tanpa kedua syarat tersebut interaksi sosial tidak akan dapat berjalan. Selain itu, Manusia tidak dapat hidup tanpa adanya interaksi sosial, karena memang pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial, artinya membutuhkan bantuan manusia atau orang lain untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Terlebih lagi di dalam kehidupan bermasyarakat, dimana setiap individu ataupun kelompok pasti akan melakukan interaksi sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh interaksi sosial cukup banyak sekali, mulai dari individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Contoh Interaksi Antar Individu

15 Contoh Interaksi Antar Individu (Interaksi Sosial)

Salah satu contoh interaksi yang paling banyak dalam kehidupan sehari-hari adalah individu dengan individu. Berikut beberapa contoh interaksi sosial yang dilakukan oleh antar individu.

  1. Tawar menawar antara seorang penjual dengan seorang pembeli.
  2. Seorang polisi memberi hukuman pada seorang pelanggar.
  3. Komunikasi yang berlangsung antara dua teman dekat.
  4. Seseorang yang menyapa tetangganya.
  5. Komunikasi antar dua orang presiden secara pribadi.
  6. Dua orang yang saling berkenalan.
  7. Operator warnet dengan pelanggan.
  8. Komunikasi antara seorang dokter psikolog dengan seorang pasiennya.
  9. Komunikasi anak dengan ibu.
  10. Seorang yang berjabat tangan dengan rekannya.
  11. Komunikasi adik dengan kakak.
  12. Mengobrol melalui media sosial.
  13. Pegawai bank melayani seorang nasabah bank.
  14. Dua orang yang sedang berdiskusi.
  15. Sepasang kekasih yang sedang jalan-jalan di mall.

Sebenarnya banyak sekali contoh interaksi antar individu yang bisa di dapat dalam kehidupan sehari-hari. Interaksi antar individu dengan individu lainnya bisa dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka walaupun tidak secara langsung atau menggunakan media komunikasi.

Nah, itulah pengertian mengenai interaksi sosial, syarat, dan contoh interaksi sosial antar individu. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai contoh interaksi sosial dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here