20 Fungsi Dinding Sel Pada Tumbuhan

Dinding sel adalah struktur di luar membran plasma yang membatasi ruang bagi sel untuk dapat membesar. Dinding sel sendiri merupakan ciri khas yang dimiliki oleh tumbuhan, jamur, bakteri, dan juga alga, meskipun struktur penyusunnya berbeda.

Dinding sel berfungsi agar sel tidak dapat bergerak dan berkembang seara bebas, seperti halnya sel tumbuhan. Walapun demikian, hal inu justru berakibat poisitif karena dinding atau tembok sel dapat memberikan perlindungan bagi sel itu sendiri, pasalnya dapat menyaring struktur dan fungsi sel itu sendiri. Dinding sel juga bermanfaat untuk mencegah air yang berlebihan masuk ke dalam sel.

Dindin sel sendiri terbuat dari macam-macam komponen, namun tergantung dari golongan organisme. Pada tumbuhan, dinding sel sebagian besar terbentuk dari polimer karbohidrat. Pada bakteri terbentuk dari peptidoglikan yang menyunsun dinding sel. Sedangkan, pada dinding sel tumbuhan alga terbentuk dari glokoprotein, pektrin dan sakarida.

Fungsi Dinding Sel Pada Tumbuhan

Fungsi utama dari dinding sel adalah untuk melindungi bagian dalam sel, memberi bentuk pada sel tumbuhan, dan menjaga sel pada tumbuhan agar tidak terpecah akibat masuknya air yang berlebih. Nah, untuk fungsi lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

  1. Dinding sel memberikan bentuk pada sel tumbuhan.
  2. Ini menanamkan kekakuan sel
  3. Fungsi dinding sel sebagai penghalang untuk masuknya patogen (virus, bakteri, jamur dan protozoa) ke dalam sel.
  4. Ini memberikan perlindungan kepada protoplasma terhadap kerusakan mekanikal.
  5. Dinding sel menjaga tidak bisa masuk atau keluar dari bahan sel.
  6. Dinding sel berfungsi sebagai apoplast (difusional bebas di luar membran plasma) yang permeabel terhadap air dan mineral terlarut di dalamnya.
  7. Plasmodesmata atau jembatan sitoplasma antara sel-sel yang berdekatan menghasilkan protoplasma kontinum disebut simplas. Simplas berguna dalam sinkronisasi mengaktivasi sel.
  8. Pertumbuhan dinding sel memungkinkan sel untuk memperbesar ukuran.
  9. Dinding sel mengembangkan dukungan mekanik untuk tumbuhan untuk menahan gaya gravitasi.
  10. Pertumbuhan sel dimungkinkan hanya bila dinding sel mengalami ekstensi.
  11. Dindin sel juga melawan tekanan osmotik.
  12. Dinding sel mencegah pecahnya sel pada endosmosis.
  13. Tekanan turgor, menyeimbangkan dengan tekanan dinding, memberikan dukungan ke organ halus seperti daun dan bunga.
  14. Suberin diendapkan pada dinding endodermal (strip casparian) membuat akar endodermis sebagai sebuah pos pemeriksaan biologis.
  15. Silika, mineral lainnya dan deposit organik yang terdapat pada dinding sel permukaan rumput dan tumbuhan lainnya melindungi mereka dari serangan jamur dan herbivora.
  16. Kutin, lilin dan suberin melindungi permukaan tumbuhan dari hilangnya transpirasi air yang berlebihan dalam bentuk uap.
  17. Pori-pori tapis (sieve pores) yang terdapat dalam dinding melintang unsur tapis (sieve elements) membantu dalam bagian jarak jauh dari bahan makanan.
  18. Dinding trakeid dan pembuluh khusus untuk memungkinkan transportasi jarak jauh dari getah.
  19. Selulosa, hemiselulosa dan pektin yang terdapat pada dinding dieksploitasi secara komersial.
  20. Dinding sel dalam beberapa kasus memiliki peran dalam pertahanan dan senjata dengan cara membuat duri.

Nah, itulah sedikit pengertian menegenai dinding/tembok sel, beserta fungsi dinding sel. Demikian artikel yang dapat saya share mengenai fungsi dinding sel pada tumbuhan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *