20 Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dan Jasa

1151

Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dan Jasa – Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan. Pekerjaan masih dibagi ke dalam dua macam, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Berikut perbedaan antara keduanya beserta contohnya.

# Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang

Pekerjaan ialah sekumpulan kedudukan (posisi) yang memiliki persamaan kewajiban atau tugas-tugas pokoknya. Dalam kegiatan analisis jabatan, satu pekeIjaan dapat diduduki oleh satu orang, atau beberapa orang yang tersebar di berbagai tempat. Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah suatu pekerjaan yang di mana dari hasil pekerjaanya bisa di gunakan dan dinikmati oleh orang lain.

1. Petani
Petani adalah seseorang yang bergerak di bidang pertanian, utamanya dengan cara melakukan pengelolaan tanah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memelihara tanaman, dengan harapan untuk memperoleh hasil dari tanaman tersebut untuk digunakan sendiri ataupun menjualnya kepada orang lain. Barang yang dihasilkan dari pertanian diantaranya adalah sebagai padi, jagung, kedelai, singkong, dan lain sebagainya.

2. Pekebun (Tukang Kebun)
Pekebun atau tukang kebun adalah seseorang yang berlatih berkebun, baik secara profesional atau sebagai hobi. Barang yang dihasilkan dari perkebunan diantaranya adalah kelapa sawit, teh, apel, dan lain sebaginya.

3. Nelayan
Nelayan adalah istilah bagi orang-orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau biota lainnya yang hidup di dasar, kolom maupun permukaan perairan. Perairan yang menjadi daerah aktivitas nelayan ini dapat merupakan perairan tawar, payau maupun laut. Barang yang dihasilkan diantaranya adalah barang dari laut/bahari seperti ikan, gurita, cumi-cumi, dan lain sebagainya.

4. Peternak
Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan beternak perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Barang yang dihasilkan diantaranya adalah telur, ayam, unggas, susu, dan lain sebagainya.

5. Pelukis
Dalam dunia seni, pelukis adalah orang yang menciptakan karya seni dua dimensi berupa lukisan. Selain pelukis, istilah yang pernah populer sebagai padanan kata ini adalah ahli gambar. Barang yang dihasilkan adalah karya seni lukisan.

6. Penjahit (Tailor)
Penjahit atau tailor adalah orang yang menjahit pakaian seperti kemeja, celana, rok, atau jas, untuk lelaki dan perempuan. Untuk melakukan pekerjaannya, penjahit perlu melakukannya dengan tangan atau dengan mesin jahit. Barang yang dihasilkan diantaranya adalah pakaian seperti baju, topi, celana, dan lain sebaginya.

7. Tukang Kayu
Tukang kayu adalah perajin terampil yang membuat atau memperbaiki struktur kayu. Tukang kayu memiliki keterampilan mengolah material kayu untuk membuat elemen rumah dan/atau membangun rumah, struktur sosial, juga perlengkapan gedung, atau membuat kerangka awal jembatan dan jalan. Barang yang dihasilkan diantaranya adalah barang mebel seperti meja, kursi, tempat tidur, dan lain sebagainya.

8. Pedagang Makanan (PKL)
Pedagang makanan/pedagang kaki lima atau disingkat PKL adalah istilah untuk menyebut penjaja dagangan yang melakukan kegiatan komersial di atas daerah milik jalan (DMJ/trotoar) yang (seharusnya) diperuntukkan untuk pejalan kaki (pedestrian). Barang yang dihasilkan diantaranya adalah barang yang dapat dimakan seperti bakso, cilok, sate, dan lain sebagainya.

9. Perajin (Pengrajin)
Perajin atau artisan adalah pekerja terampil yang menghasilkan atau membuat barang-barang dengan tangan, baik barang-barang fungsional maupun barang-barang dekoratif. Barang yang dihasilkan diantaranya seperti gerabah.

10. Petambak
Petambak adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya) bertambak. Petambak biasanya membuat kolam buatan, biasanya di daerah pantai, yang diisi air dan dimanfaatkan sebagai sarana budidaya perairan. Hewan yang dibudidayakan adalah hewan air, terutama ikan, udang, serta kerang. Penyebutan “tambak” ini biasanya dihubungkan dengan air payau atau air laut.  Barang yang dihasilkan diantaranya adalah seperti pertambakan udang, rumput laut, dsb.

20 Pekerjaan Yang Menghasilkan Barang dan Jasa

#Pekerjaan Yang Menghasilkan Jasa

Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang di mana dari hasil pekerjaanya bisa di nikmati dan di rasakan oleh orang lain .dan pada pekerjaan yang menghasilkan jasa ini tidak menghasilkan barang. Berikut contoh apa saja pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Guru
Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Guru menghasilkan jasa berupa ilmu.

2. Dokter
Dokter adalah seseorang yang karena keilmuannya berusaha menyembuhkan orang-orang yang sakit. Tidak semua orang yang menyembuhkan penyakit bisa disebut dokter. Untuk menjadi dokter biasanya diperlukan pendidikan dan pelatihan khusus dan mempunyai gelar dalam bidang kedokteran. Dokter menghasilkan jasa berupa kesehatan bagi pasien.

3. Tentara (Prajurit)
Tentara atau Prajurit adalah golongan pangkat paling rendah dalam angkatan darat dan udara, mencakupi prajurit kepala, prajurit satu, dan prajurit dua: Prajurit dua pangkat: tamtama peringkat terendah dalam angkatan darat dan udara, satu tingkat di bawah prajurit satu. Tentara menghasilkan jasa berupa keamanan bagi negara.

4. Polisi
Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum diseluruh wilayah negara. Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian pasti lah ada di seluruh negara berdaulat. Polisi menghasilkan jasa berupa ketertiban dan pengayoman bagi masyarakat.

5. Tukang Becak
Tukang becak adalah profesi unik yang keneradaannya hanya ada di Indonesia. Meskipun di Zaman yang serba canggih ini, Mereka masih bisa bertahan dan masih menjadi salah satu angkutan umum yang diminati oleh Masyarakat Indonesia. Tukang becak menghasilkan jasa berupa layanan transportasi tradisional.

6. Ojek
Ojek adalah transportasi umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpang. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Ojek menghasilkan jasa berupa layanan transportasi modern.

7. Tukang Cukur
Tukang cukur atau biasa disebut tukang pangkas rambut adalah orang yang ahli dalam mencukur rambut dengan berbagai gaya yang diinginkan oleh konsumennya. Tukang Cukur menghasilkan jasa berupa perawatan rambut bagi konsumen.

8. Tukang Parkir (Juru Parkir)
Juru parkir yang disebut juga sebagai Jukir adalah orang yang membantu mengatur kendaraan yang keluar masuk ke tempat parkir. Jukir juga berfungsi untuk mengumpulkan biaya parkir dan memberikan karcis kepada pengguna parkir pada saat akan keluar dari ruang parkir. Tukang parkir menghasilkan jasa berupa pelayanan kenyamanan dan keamanan.

9. Satpam
Satuan Pengamanan atau sering juga disingkat Satpam adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya. Stpam menghasilkan jasa berupa keamanan.

10. Tukang Pijat
Tukang pijat adalah pekerjaan memijit bagian tubuh pasien yang kurang nyaman, seperti bagian yang pegal, sakit, dan lain-lain. Pijat, pijit, atau urut adalah metode penyembuhan atau terapi kesehatan tradisional, dengan cara memberikan tekanan kepada tubuh-baik secara terstruktur, tidak terstruktur, menetap, atau berpindah tempat dengan memberikan tekanan, gerakan, atau getaran, baik dilakukan secara manual ataupun menggunakan alat mekanis. Tukang pijat menghasilkan jasa berupa kenyamanan dan kesehatan.