5 Dasar Hukum Bela Negara Menurut UUD 1945

83

Dasar hukum bela negara – Dalam materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang sering di ajarkan di sekolah, pasti akan diajarkan mengenai apa yang dimaksud dengan bela negara. Karena menanamkan bela negara mulai dari bangku sekolah sangatlah penting, terutama bagi kecintaan terhadap tanah air Indonesia (NKRI). Lalu apa yang dimaksud dengan bela negara dan apa saja dasar hukum bela negara menurut Undang-Undang Dasar 1945. Berikut penjelasannya!

Menurut pengertiannya, bela negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Selain itu bela negara juga bisa dijelaskan sebagai kondisi atau keadaan dimana kita sebagai warga negara ikut berpartisipasi dalam hal apapun yg dilaksanakan negra sebagai bentuk cinta tanah air.

Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Spektrum bela negara itu sangat luas, dari yang paling halus, hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Lalu apa saja dasar hukum bela negara menurut undang-undang dasar 1945.

5 Dasar Hukum Bela Negara Menurut UUD 1945

Berikut 5 dasar hukum bela negara NKRI menurut Undang-Undang 1945:

  1. UUD 1945 Pasal 27 Ayat (3) :” Bahwa tiap warga Negara behak dan wajib ikut serta dalam upaya bela Negara”.
  2. UUD  1945 Pasal 30 Ayat (1) dan (2) :”Bahwa tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha Pertahanan dan Keamanan Negara, dan Usaha Pertahanan dan Keamanan Negara dilaksanakan melalui Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta oleh TNI dan Kepolisian sebagai Komponen Utama, Rakyat sebagai Komponen Pendukung”.
  3. UU No. 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia Pasal 6B :” Setiap Warga Negara wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, sesuai dengan ketentuan yang berlaku”.
  4. UU No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat (1) :” Setiap Warga Negara Berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Bela Negara ysng diwujudkan dalam Penyelenggaraan Pertahanan Negara”.
  5. UU No.3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara Pasal 9 Ayat (2) :” Keikutsertaan warga Negara dalam upaya bela Negara dimaksud ayat (1) , yaitu diselenggarakan melalui pendidikan Kewarganegaraan, pelatihan dasar kemiliteran, pengabdian sebagai prajurit TNI secara sukarela atau wajib dan pengabdian sesuai dengan profesi.

Nah, itulah 5 dasar hukum bela negara menurut Undang-Undang Dasar 1945 yang saya kutip dari Brainly.co.id, yang sudah terverifikasi atau terbukti kebenarannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga beramanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here