5 Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir (Hari Kiamat)

Hikmah beriman kepada hari akhir – Beriman terhadap hari akhir merupakan iman terhadap masa dimana semua manusia harus mempertanggungjawabkan seHari akhir atau sering juga disebut sebagai hari kiamat adalah hari dimana alam semesta ini dilebur dalam sebuah proses yang sepenuhnya menjadi rahasia Allah Swt. Hanya Allah Swt. yang tahu kapan dan bagaimana proses itu berlangsung, kita hanya diberi pengetahuan yang sangat sedikit tentang hari itu. Oleh karena itu, kita harus beriman dan percaya adanya tentang hari akhir. Beriman kepada hari akhir juga juga sangat besar hikmahnya, berikut hikmah beriman kepada hari akhir.

Hari akhir atau acap kali disebut juga sebagai hari akhir zaman atau hari kiamat merupakan suatu hari dimana alam semesta ini hancur lebur dalam sebuah proses yang sepenuhnya hanya menjadi rahasia Allah Swt. Dan Cuma Allah Swt. yang tahu kapan dan bagaimana hari kiamat itu berlangsung, kita cuma diberi pengetahuan yang amat sedikit mengenai hari tersebut yang sudah tertulis pada kitab suci Alquran. Oleh sebab itu, kita seharusnya beriman dan percaya adanya hari akhir atau hari kiamat. Beriman terhadap hari akhir juga mempunyai hikmah yang amat besar, berikut 5 hikmah beriman kepada hari akhir.

5 Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir :

  1. Kita menyadari bahwa hidup di dunia ini tidak kekal. Segala isi dunia ini akan rusak binasa. Oleh karena itu, kita tidak boleh hanya mementingkan kehidupan dunia. Kita harus mempersiapkan kehidupan di akhirat. Dengan demikian akan ada keseimbangan antara kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
  2. Hidup di dunia ini seperti musafir yang menuju ke suatu tempat. Di dunia ini bukan tujuan akhir. Untuk itu, kita tidak boleh teperdaya dengan kehidupan dunia.
  3. Dunia adalah fana, sedangkan diakhirat adalah kekal. Kita harus mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk hidup kekal di akhirat. Bekal untuk hidup di akhirat adalah ibadah dan amal saleh.
  4. Kehidupan di akhirat adalah hidup yang kekal abadi dan jauh lebih baik daripada kehidupan serta kenikmatan dunia. Kita harus memperbanyak amal saleh dan menjauhi segala larangan Allah Swt. Dengan demikian, kita tidak akan menyesal dan tidak rugi.
  5. Segala ama perbuatan yang kita lakukan di dunia akan dibalas Allah Swt. Kita harus selalu berhati-hati hidup di dunia ini sehingga kelak akan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.

Nah, itulah 5 hikmah beriman terhadap hari akhir yang dapat saya bagikan. Demikian artikel mengenai hikmah terhadap hari akhir dan semoga bermanfaat. (Sumber: Freedomnesia)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *