6 Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia

389
Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia

Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia – Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari sisa tumbuhan yang telah mati dan mengendap selama jutaan tahun yang lalu. Unsur-unsur penyusun batu bara adalah karbon, hidrogen, dan oksigen. Pemanfaatan batu bara adalah sebagai pembangkit listrik, untuk keperluan  rumah tangga (memasak), pembakaran pada industri batu bata atau genteng, semen, batu kapur, bijih besi dan baja, industri kimia dan sebagainya.

Batubara memiliki banyak kegunaan penting di berbagai kegiatan. Penggunaan batubara yang paling penting adalah dalam pembangkit listrik. Pembangkit listrik menggunakan batubara uap atau juga dikenal sebagai batubara termal. Batu bara juga digunakan pada produksi baja, manufaktur semen dan sebagai bahan bakar cair. Pembuatan baja menggunakan batubara kokas, atau juga dikenal sebagai batubara metalurgi

6 Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia
Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia

Kegunaan penting lainnya dari batubara adalah sebagai bahan bakar dalam industri seperti kilang alumina, produsen kertas, dan bahan pada industri kimia dan farmasi. Beberapa produk kimia bisa dihasilkan dari hasil sampingan batu bara. Batubara yang dimurnikan digunakan dalam pembuatan bahan kimia, seperti naftalena, fenol, dan benzena.

Gas amonia yang dihasilkan dari oven kokas digunakan untuk pembuatan garam amonia, asam nitrat dan pupuk pertanian. Berbagai produk berbeda memiliki produk sampingan batubara atau batubara sebagai komponen, seperti sabun, aspirin, pelarut, pewarna, plastik dan serat rayon serta nilon.

Batu bara juga merupakan unsur penting dalam produksi produk khusus seperti Karbon aktif, yang digunakan dalam filter untuk pemurnian air dan udara dan mesin cuci ginjal ginjal, serta pembuatan serat karbon, yaitu bahan penguatan yang sangat kuat namun ringan yang digunakan dalam konstruksi, sepeda gunung dan raket tenis.

Penambangan batu bara pertama di Indonesia yaitu di daerah Sebelimbingan Kota Baru di Pulau Luat. Penambangan ini dilakukan sebelum di Ombilin Sumatera Barat. Berikut beberapa daerah penghasil barubara di Indonesia.

6 Daerah Penghasil Batu Bara di Indonesia

  1. Muara Enim, di Sumatera Selatan
    Kabupaten Muara Enim adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Muara Enim.
  2. Sawahlunto (Ombilin), di Sumatera Barat
    Kota Sawahlunto adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota yang terletak 95 km sebelah timur laut kota Padang ini, dikelilingi oleh 3 kabupaten di Sumatera Barat, yaitu kabupaten Tanah Datar, kabupaten Solok, dan kabupaten Sijunjung.
  3. Muara Bungo, di Jambi
    Bungo Dani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bungo, Jambi, Indonesia berdasarkan Perda No.03 tahun 2002 tentang Pembentukan kecamatan Bungo Dani dari Muara Bungo menjadi Bungo Dani. Kecamatan ini termasuk satu dari 5 kecamatan yang anggap sebagai wilayah kota Muara Bungo
  4. Banjarbaru, di Kalimantan Selatan
    Kota Banjarbaru adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarbaru dahulu merupakan sebuah kota administratif yang dimekarkan dari Kabupaten Banjar. Jauh pada masa sebelumnya sebagian besar wilayahnya merupakan Kawedanan Ulin di dalam Kabupaten Banjar.
  5. Pulau Laut (Sebelimbingan), Kota Baru, di Kalimantan Selatan
    Pulau Laut adalah sebuah pulau di kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kesultanan Banjar menamakannya Laut-Pulo, sebagai daerah yang berlawanan arah dengan Laut-Darat. Di pulau Laut terdapat kota Kotabaru yang merupakan ibukota kabupaten Kotabaru. Gunung yang terdapat di pulau ini adalah Gunung Bamega
  6. Berau, Kalimantan Timur
    Kabupaten Berau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 34.127,47 km² dan berpenduduk sebesar kurang lebih 179.079 jiwa

Nah, itulah beberapa daerah penghasil batu-bara di Indonesia yang cukup terkenal, jawaban tersebut saya kutip dari situs Brainly yang sudah terverifikasi kebenarannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here