Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara dan Pandangan Hidup

1103

Akibat Tidak Memiliki Dasar Negara dan Pandangan Hidup – Dasar negara adalah sebuah landasan kehidupan bagi sebuah negara. Dasar negara bisa dikatakan sebagai tonggak berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan yang tidak memiliki tiang maka akan runtuh, dan hal tersebut sama dengan halnya sebuah negara. Dasar negara bangsa Indonesia tidak lain adalah Pancasila. Pancasila di jadikan dasar negara Indonesia sebab memiliki nilai keindahan atau estetika dan isi yang terkandung dalam Pancasila merupakan cita-cita dan tujuan leluhur nenek moyang bangsa Indonesia. Pancasila adalah sumber dari hukum dari segala hukum di Indonesia.

Akibat Jika Suatu Negara Tidak Mempunyai Dasar Negara

Jika sebuah negara tidak mempunyai dasar negara akibatnya negara tersebut akan runtuh atau roboh sebab negara tersebut tidak memiliki tujuan dan cita-cita yang jelas. Begitu Juga negara tersebut akan mudah sekali di hancurkan oleh negara lain, bahkan rakyat di negara yang tidak memiliki sebuah dasar negara akan terpecah belah dan akan mementingkan egonya diri sendiri. Oleh karena itulah mengapa sebuah negara harus bahkan wajib mempunyai apa yang namanya dasar negara, fungsi dari dasar negara juga cukup banyak, berikut diantaranya.

Akibat Jika Suatu Negara Tidak Mempunyai Pandangan Hidup

Pandangan hidup sendiri adalah suatu prinsip atau asas yang menjadi dasar tujuan hidup suatu bangsa atau Negara. Oleh sebab itu keberadaan sebuah pandangan hidup bagia sebuah negara sangatlah penting. Untuk Indonesia sendiri, padangan hidupnya ialah Pancasila yang menjadi pedoman hidup, petunjuk sekaligus sebagai sumber hukum dari segala sumber hukum di Indonesia

Jika sebuah Negara tak mempunyai pandangan hidup maka negara tersebut akan menjadi bangsa yang RAPUH, sebab tidak mempunyai arah atau tujuan jelas yang hendak dicapai. Sehingga negara tersebut gampang terombang-ambing dalam menghadapi bermacam-macam persoalan yang sering muncul di masyarakat. Karena dengan memiliki pandangan hidup sebuah negara akan mampu membangun negara sendiri dan lebih terarah.

Intinya, suatu negara yang tidak mempunyai pandangan hidup akan kesulitan memecahkan berbagai persoalan yang biasanya atau sering di masyarakatnya, dan negara tersebut tidak akan bisa maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here