Alasan Mengapa Jepang Membentuk BPUPKI

878

Alasan atau Tujuan Jepang Membemtuk BPUPKI – Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI (bahasa Jepang: Dokuritsu Junbi Cosakai) sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 29 April 1945. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia. Selama berdiri BPUPKI telah melaksanakan dua kali sidang, sidang pertama pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945, sedangkan sidang kedua pada 10-16 Juni 1945. Lalu apa alasan Jepang membentuk BPUPKI? berikut penjelasannya.

Alasan Jepang Membentuk BPUPKI adalah?

Alasannya karena jepang ingin membuat percaya rakyat indonesia. Ceritanya jepang pertama menjanjikan kemerdekaan untuk indonesia, namun itu janji palsu, maka jepang ingin agar indonesia percaya, amannya dia membentuk BPUPKI.

Alasan Mengapa Jepang Membentuk BPUPKI

Selain itu, tujuan Jepang membentuk BPUPKI adalah kedudukan Jepang pada akhir tahun 1944 semakin terdesak dan dalam perang Asia Pasfik jepang selalu menelan kekalahan. Rakyat dan tentara PETA semakin berkobar melakukan perlawanan. Kabinet Tojo pada tanggal 17 Juli 1944 lengser dan digantikan oleh Jenderal Kuniaki Koiso akibat dari situasi di jepang yang semakin memburuk.

Daerah Hindia Timur (Indonesia) diperkenankan merdeka kelak di kemudian hari, ini hasil dari siding istimewa Parlemen Jepang di Tokyo pada tanggal 7 September 1944. Amerika Serikat memukul mundur angkatan perang Jepang di Amerika Serikat dari Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Kepulauan Marshall, menyebabkan seluruh garis pertahanan Jepang di Pasifik mulai hancur berarti kekalahan Jepang di ambang pintu. Sekutu terus menyerbu kota-kota di Indonesia seperti Ambon, Makasar, Manado, dan Surabaya. Akhirnya tentara Sekutu mendarat di kota penghasil minyak yakni Tarakan dan Balikpapan.

Pemerintah pendudukan Jepang di Jawa di bawah pimpinan Letnan Jenderal Kumakici Harada berusaha meyakinkan bangsa Indonesia tentang janji kemerdekaan dampak dari Menghadapi situasi yang gawat tersebut. Kemudian diumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Pada tanggal 1 Maret 194 atau dalam bahasa Jepangnya Dokuritsu Junbi Cosakai. Intinya tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting berkaitan dengan segala sesuatu yang menyangkut pembentukan negara Indonesia merdeka.

Bagi Indonesia BPUPKI juga mempunyai tujuan lain, yaitu untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka atau mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here