Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan (Menurut Islam)

42

Di dalam lingkungan masyarakat, terutama di Indonesia pasti terdapat peraturan yang berlaku. Aturan sendiri terdapat dua jenis yaitu aturan yang tertulis dan aturan yang tidak tertulis. Aturan yang tidak tertulis contohnya seperti etika dan norma, sedangkan artikel yang tertulis seperti hukum dan undang-undang.

Aturan pada dasarnya dibuat agar manusia dapat menjalankan haknya yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa (TYME) tanpa membatasi atau melanggar hak orang lain. Hal tersebut seperti yang disebutkan Thomas Hobbes dalam karyanya “De Cive”, bahwa “Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya“.

Maksud dari perkataan Thomas Hobbes tersebut adalah manusia akan saling menyakiti satu sama lain, karena keinginan dari manusia itu sendiri untuk mendapatkan haknya dan memenuhi kebutuhan lainnya, sehingga akan mendorong untuk melanggar hak orang lain, bila tidak ada aturan. Tentunya hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik, bahkan bisa menjadi konflik yang berkepanjangan. Oleh karena itulah Karena itulah manusia memerlukan aturan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut.

Mengapa Manusia Perlu Aturan? Menurut Islam

Di alam Al-Quran sudah dijelaskan bahwa aturan dibuat agar manusia memiliki hidup yang terarah dan jalan yang terang. (Qs. maidah:5/48)

Dalam kehidupan bermasyarakat, diperlukan suatu aturan yang digunakan sebagai pedoman untuk mengatur kehidupan seseorang atau kelompok masyarakat agar menjalani hidup yang teratur dan mencegah terjadinya konflik yang mampu mengakibatkan perpecahan bahkan peperangan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang membuat betapa pentingnya aturan bagi manusia:

  1. Sebagai tujuan hidup manusia agar mampu menjadi seseorang yang beretika dan bermoral
  2. Sebagai standarisasi kehidupan manusia diantara adanya keanekaragaman bangsa, baik secara sosial, ekonomi, budaya maupun politik
  3. Untuk menciptakan keadilan sosial maupun hukum bagi setiap individu agar tercipta kehidupan yang tentram,damai dan bebas dari konflik
  4. Untuk mengatur kehidupan manusia agar tidak berbuat seenaknya serta memperhatikan, menghargai dan menghormati orang lain

Manusia memerlukan aturan karena aturan tersebut merupakan pembeda antara kehidupan yang beradab dengan kehidupan tidak beradab. Aturan di sini bisa berupa hukum norma budaya, hukum agama, hukum Negara, atau hukum yang lain seperti hukum profesi dan aturan-aturan kecil yang terdapat di mana-mana baik yang tertulis maupun tidak. Aturan ini ditujukan untuk mengarahkan manusia agar tidak bergesekan atau konflik dengan manusia yang lainnya karena mereka mengikuti aturan yang sama.