Animisme adalah? Pengertian Animisme dan Dinamisme

356

Animisme adalah? – Dalam materi pelajaran sejarah pasti akan diajarkan mengenai materi atau bab tentang kepercayaan yang sudah ada sejak zaman purba. Kepercayaan-kepercayaan tersebt antara lain adalah animisme, dinamisme, pilitesme, monoteisma. Namun, kali ini saya akan membagikan dua pengertian saja, yaitu pengertian animisme dan dinamisme. Lalu apa yang dimaksud dengan animisme dan juga dinamisme, mari kita mulai dengan animisme.

Pengertian Animisme

Animisme adalah suatu kepercayaan yang menyakini bahwa segala sesuatu memiliki jiwa/roh. Atau animisme juga bisa diartikan sebagai kepercayaan terhadap makhluk atau roh nenek moyang. Jika dilihat dari sebagian arti katanya, animisme merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yaitu Anima yang berarti jiwa.

Penganut kepercayaan animismme biasanya menyakini bahwa hewan, gunung, pohon, batu, dan benda-benda lainnya memiliki roh atau jiwa, sehingga harus diberi apa yang namanya penghormatan yang bisa berupa sesaji atau persembahan.

Animisme adalah? Pengertian Animisme dan Dinamisme

Pengertian Dinamisme

Sedangkan Dinamisme adalah suatu kepercayaan yang menyakini bahwa setiap benda (baik mati maupun hidup) mempunyai kekuatan atau daya yang sifatnya gaib. Penganut paham dinamisme sendiri menyakini bahwa benda yang dianggap memiliki kekuatan atau daya dapat memberikan pengaruh bagi manusia, baik berupa kesaktian, keberuntungan, dan lain sebagainya. Pengaruh tersebut dapat berupa pengaruh baik maupun buruk.

Adapun beberapa benda yang dianggap memiliki kekuatan gaib (supranatural) bagi penganut dinamisme adalah keris, jimat, tombak, dan benda-benda pusaka lainnya yang dianggap memiliki kekuatan magis.

Jadi kesimpulannya baik animisme maupun dinamisme merupakan suatu kepercayaan yang telah ada pada saat manusia purba, dan hingga sekarang masih ada sebagian orang yang masih menganut kepercayaan ini. Nah, itulah informasi yang dapat saya bagikan kali ini mengenai pengertian animisme dan dinamisme, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here