Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

207

Pancasila adalah dasar negara bangsa indonesia dan ideologi bangsa kewarganegaraan itu keangotaan seseorang sebagai warga negara dalam suatu negara dengan partisipasi politik.

Pancasila di jadikan dasar negara karena mempunyai nilai estetika dan isi yang terkandung dalam Pancasila merupakan tujuan dan cita-cita luhur nenek moyang bangsa. Dasar negara merupakan tonggak berdirinya sebuah negara, ibarat bangunan tanpa tiang akan roboh, sama halnya dengan negara.

Dasar negara merupakan sebuah landasan kehidupan bagi sebuah negara. Pancasila merupakan sumber hukum dari segala sumber hukum. Pandangan hidup merupakan suatu hal yang dijadikan sebagai pedoman hidup bernegara, pandangan hidup tersebut berisi aturan aturan yang di buat untuk mencapai sebuah tujuan.

Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia?

Arti Pancasila bagi Indonesia adalah sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang di harapkan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

Dalam sejarahnya, pancasila merupakan hasil konsep dasar yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno yang kemudian disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 setelah mengalami pengembangan. Pancasila sendiri memiliki arti yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia sebagai perannya yaitu Ideologi Bangsa Indonesia.

Arti Pancasila bagi bangsa Indonesia yaitu selain pancasila sebagai dasar negara, cita-cita dan tujuan bangsa, pancasila juga berarti penting sebagai pedoman dalam setiap aktivitas di berbagai bidang masyarakat Indonesia. Karena didalam pancasila sendiri terkandung nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, serta keadilan.

Selain itu,Pancasila memiliki arti yang sangat penting bagi Indonesia, selain sebagai pondasi dasar berdirinya NKRI, juga sebagai Ideologi dan Jiwa bangsa Indonesia Maksudnya ialah bahwa setiap kehidupan di berbagai bidang masyarakat Indonesia, dalam penerapannya berdasarkan pancasila untuk menjaga kesatuan dan kerukunan antar umat masyarakat di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here