Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman

526

Apa hubungan persatuan dan keberagaman – Dalam materi pelajaran pendidikan kewarganeraan, khususnya kelas 10 pasti akan diajarkan mengenai materi tentang “Integrasi Nasional dalam Bingkai“, akan banyak dibahas materi bab di dalamnya, diantaranya dalah bagaimana menjaga komitmen persatuan, makna persatuan dan kesatuan, hubungan persatuan dan keberagaman, makna semboyan bhinneka tunggal ika, arti bhinneka tunggal ika. Berikut penjelasan lengkapnya!

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman?

Jawabannya: Hubungan persatuan dan keberangan sangatlah begitu dekat, karena dengan menunjukkan keberagaman yang miliki maka kita sudah bisa memupuk sikap persatuan dan kesatuan, baik antar daerah maupun negara.

Apa Hubungan Persatuan dan Keberagaman

Selain itu, hubungan persatuan dan keberagaman adalah hubungan sebab akibat. Dimana ada keberagaman maka muncul potensi untuk membangun persatuan. Karena ragam yang berbeda dalam hal agama, ras, suku, dan bahasa membuat kita untuk bersatu.

Pembahasan Mengenai Hubungan Persatuan dan Keberagaman

Membahas persatuan dan keberagaman merupakan topik penting dalam bahasan materi cara hidup bersama. Alasannya karena di negara seperti Indonesia terdiri dari beragam latar belakang seperti agama, pendidikan, suku ras, dan tingakat ekonomi. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang cukup majemuk warganya. Tiap warga memiliki keberagaman dan keunikan tersendiri. Dan Indonesia dapat merdeka karena adanya persatuan. Berikut akan kita bahas hubungannya. Hubungan Persatuan dan keberagaman dapat dijelaskan dalam beberapa poin berikut :

  • Arti harafiah persatuan. Persatuan terdiri karena latar yang belakang yang berbeda beda dan niatan untuk memiliki kesamaan. Artinya persatuan dapat muncul karena adanya keberagaman. Apabila semua memiliki latar belakang yang sama maka tidak ada yang namanya persatuan.
  • Keberagaman berbanding lurus dengan tingkat toleransi. Semakin tinggi keberagaman maka makin tinggi pula tingkat toleransi dan usaha untuk bersatu. Karena keberagaman adalah kondisi sosial di masyarakat di mana terdapat perbedaan karena suku, agama, dan ras. Indonesia memiliki begitu banyak keberagaman karena kondisi demografis, geografis, dan historis.
  • Persatuan berbanding lurus dengan komitmen untuk mewujudkannya. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menjaga komitmen persatuan? Komitmen untuk menjaga persatuan ini tergantung dari sejauh mana kita sebagai bangsa ingin melangkah ke depan. Apabila tujuannya bagus maka perlu komitmen bersama.

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia?

Keberagaman yang berarti perbedaan ini dapat berarti potensi konflik yang muncul akan cukup besar. Hal ini dapat terlihat dari sekian lamanya Indonesia dijajah oleh Belanda, Portugis, dan Inggris karena mereka berusaha memecah bangsa Indonesia berdasarkan keragaman yang ada saat itu. Politik memecah belah itu disebut devide et impera.

Pada saat ini banyak pihak yang berusaha memecah bangsa Indonesia karena keragaman yang ada. Seperti keragaman agama, suku, bahasa, dan ekonomi. Melihat hal tersebut sebagai bangsa yang besar kita seharusnya tidak mudah terprovokasi untuk terpecah belah. Di tambah pada jaman dahulu karena adanya persatuan juga lah bangsa kita dapat merdeka.

Kemudian apa hubungan persatuan dan keagamaan?

Keagamaan adalah bagian dari keberagaman. Indonesia memiliki setidaknya 6 hingga 7 agama besar termasuk konghucu dan aliran penganut kepercayaan. Salah satu pertanyaan tentang persatuan dan keberagaman adalah apa akibat apabila tidak ada persatuan maka apa yang terjadi di Indonesia. Dengan demikian kita juga bisa menyebut apabila kita telah bersatu maka kita memiliki unity in diversity.

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Apa makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika? Makna yang terkandung dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah Walaupun Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari berbagai Suku, Agama, Ras, Budaya, dsb, namun tetap menjadi satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air.

Apa yang akan terjadi apabila Indonesia tidak memiliki persatuan dalam keberagaman? Yang akan terjadi apabila tidak ada persatuan dalam keberagaman adalah Bangsa Indonesia tidak akan mampu menghadapi berbagai ATHG bangsa, sehingga akan mempermudah bangsa Indonesia untuk terpecah belah.

Dimanakah letak semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam lambang negara kita? Letak semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam lambang negara kita adalah pada kaki lambang negara Garuda Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here