Apa itu Intro? Pengertian Intro Dalam Musik

1141

Apa itu intro? Seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi pembuatnya. Sedangkan musik adalah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif, dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Apa itu Intro? Pengertian Intro Dalam Musik

Etimologi kata “musik” berasal dari bahasa Inggris music. Sedangkan kata “music” berasal dari bahasa Yunani mousikê. Kata tersebut digunakan untuk merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses. Namun, kebanyakan seni yang dipimpin oleh Muses berupa seni musik dan puisi. Kemudian di Roma, kata ars musica digunakan untuk mengistilahkan puisi yang menggunakan instrumen musik. Musik biasanya sebagai pengiring instrumen dari sebuah lagu, da masik masih dibagi ke dalam beberapa bagian, yaitu intro, lirik da juga outro. Berikut pegertian mengenai intro.

Apa itu Intro dalam musik?

Pengertian intro adalah bagian awal dari sebuah lagu yang umumnya hany berupa suara instrumen musik, seperti suara ketukan drum ataupun alat musik lain, dan juga bisa berupa suara awalan dari penyanyi yang bukan dari bagian musik. Hampir semua lagu memiliki apa yang namanya intro, karena intro dalam dunia musik sebagai awalan sebelum masuk ke bagian bernyanyi.

Fungsi sebenarnya dari sebuah intro musik adalah untuk memberikan waktu bagi penyanyi maupun pendengar sebelum lagu benar-benar dimainkan. Pada umumnya sebuah lagu memiliki intro yang panjangnya antara 60 hingga 90 detik. Itupun juga masih tergantung dari komposer atau sang pembuat lagu tersebut.

Intro dalam dunia musik merupakan bagian depan dari sebuah lagu yang biasanya hanya berisi instrumental dari alat musik, bisa drum beat, gitar, dan lain sebagainya. Setelah intro tersebut selesai barulah biasanya akan masuk ke bait pertama dari sebuah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi. Intro dalam musik adalah bagian yang cukup penting, pasalnya semakin bagus intro dalam sebuah lagu akan membawa dampak yang cukup besar saat memasuki ke bagian lagu atau lirik.

Sedangkan kebalikan dari Intro adalah Outro. Outro sendiri merupakan bagian akhir dari sebuah lagu yang biasanya berupa instrumental, atau bunyi ketukan drum/suara lainnya setelah lagu selesai dinyanyikan.