Apa Itu Sinopsis? Pengertian Sinopsis Novel

577

Apa Itu Sinopsis? Sinopsis adalah ikhtisar dari sebuah karangan ilmiah yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu, atau ringkasan atau abstraksi.

Sinopsis mengandung tiga pengertian yaitu: ikhtisar karangan, ringkasan, atau abstraksi, Keraf (1977: 84) menyatakan bahwa ringkasan sumarry précis adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk pendek. Kataprécis berarti memotong atau meringkas. Dengan demikian meringkas ibarat memangkas sebatang pohon yang akhirnya tinggal batang dan cabang-cabang yang terpenting.

Apa itu Sinopsis?

Sinopsis dalam Novel adalah ringkasan dari cerita novel itu sendiri. Ringkasan Novel adalah bentuk pemendekan novel dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. Dengan membuat sebuah sinopsis bisa menjadi suatu cara efektif untuk menyajikan sebuah karangan novel dalam bentuk singkat.

Sedangkan pengertian lainnya, Sinopsis adalah suatu ringkasan atau garus besar dari sebuah cerita novel dalam bentuk tulisan yang jelas sehingga menggambarka isi dari suatu novel atau film, yag dilakukan baik secara konkrit maupun secara abstrak.

Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi dan penjelasan-penjelasan yang panjang lebar dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan inti dari isi atau gagasan umum si pengarang. Sinopsis umumnya dibatasi oleh jumlah halaman, seperti dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli.