Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi

25
4.67/5 (3)

Manusia merupakan mahkluk sosial serta juga makhluk ekonomi (homo economicus). Sebagai makhluk yang sosial tentunya manusia tidak dapat hidup sendiri atau hidup tanpa bantuan dari orang lain. Manusia membutuhkan manusia lain atau orang lain untuk dapat bertahan hidup, pasalnya cukup sulit hidup dengan keadaan individu di dunia ini.

Sedangkan manusia sebagai makhluk ekonomi adalah manusia tidak dapat hidup tanpa melakukan kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi, seperti melakukan kegiatan produksi, komsumsi, dan distribusi. Pada dasarnya manusia setiap hari melakukan kegiatan ekonomi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dan tanpa adanya kegiatan ekonomi ini manusia tidak bisa menjalani kehidupan, bahkan tidak bisa hidup.

Dalam materi pelajaran sekolah pastinya akan diajarkan bab mengenai manusia sebagai makhluk ekonomi dan sosial. Salah satu pertanyaan yang sering ada dalam pertanyaan manusia sebagai makhluk ekonomi adalah apa yg dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi atau homo economicus? Berikut jawabannya!

Apa yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi?

Manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) artinya manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Kegiatan yang dimaksud ini adalah kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi. Pasalnya manusia selalu membutuhkan hal yang berhubungan dengan ekonomi dan manusia tidak akan pernah puas dalam hal sandang maupun papan.

Selain itu manusia dianggap sebagai makhluk yang bertindak dengan penuh perhitungan secara rasional dan selalu berusaha mencari keuntungan sebesar-besarnya untuk dirinya sendiri.

Manusia sendiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari banyak membutuhkan beberapa hal, baik yang jumlahnya banyak maupun beragam. Contoh kebutuhan manusia yang cukup penting adalah pendidikan, oleh sebab itu perlu adanya sekolah. Selain itu kebutuhan akan makan juga sangat penting, sehingga dengan adanya pasar atau pun toko makanan lainnya.

Kebutuhan akan banyaknya hal yang berhubungan dengan ekonomi membuat manusia menggunakan bermacam cara secara rasional agar kebutuhannya dapat terpenuhi dan tujuan akhirnya adalah mencapai kesejahteraan.

Apa yang dimaksud dengan Homo Economicus?

Homo Economicus adalah manusia sebagai makhluk sosial ekonomi. Manusia sebagai makhluk sosial juga harus mementikan dirinya sendiri (individu), karena manusia tetap harus memikirkan dirinya sendiri karena manusia memiliki kebutuhan untuk dapat bertahan hidup.

Kebutuhan manusia sendiri tak terbatas, baik ragam atupun jumlahnya. Jika satu kebutuhan dalam hidup manusia sudah tercukupi, manusia akan mencari kebutuhan lainnya. Alan yang mempengaruhi hal tersebut adalah manusia tidak akan pernah puas, dan akan selalu membutuhkan segala hal hingga mencapai kesejahteraan. Contoh kebutuhan manusia yang sangat penting adalah kebutuhan akan makan/minum, pakaian, rumah, pendidikan, kesehatan, dan juga hiburan.

Nah, itulah jawaban mengenai pertanyaan apa kah yang dimaksud dengan manusia sebagai makluk ekonomi lengkap dengan penjelasan. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda yang berkunjung di blog ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here