Apa yang Dimaksud Dengan Pelanggaran HAM dan Solusinya

281

Apa yang Dimaksud Dengan Pelanggaran HAM – Pembicaraan tentang Hak Asasi Manusia atau HAM akhir-akhir ini sedikit menghangat. Adanya beberapa kasus pelanggaran HAM yang terjadi mau tidak mau membuka mata masyarakat tentang hal yang satu ini. Oleh karena itu, pembahasan mengenai apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM menjadi bahasan yang penting bagi masyarakat.

Masyarakat awam, yang biasanya close minded, seringkali tidak menganggap HAM sebagai masalah serius. Mereka cukup sering mengabaikan hal-hal yang sebenarnya merupakan pelanggaran HAM dan menganggapnya sebagai angin lalu. Padahal, perlu dipahami bahwa HAM adalah hal yang pokok dalam kehidupan manusia.

Selain itu, dalam urusan bernegara, adanya pengakuan yang baik terkait HAM dan rendahnya pelanggaran terhadap HAM merupakan ciri kondisi negara yang baik. Sebaliknya, banyaknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi menunjukkan bahwa suatu negara berada dalam kondisi yang belum baik.

Lantas, apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM tersebut dan bagaimana seharusnya sikap kita agar tidak terlibat? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pengertian Pelanggaran HAM

Untuk memahami secara utuh apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM, membahas pengertian terkait pelanggaran HAM adalah salah satu hal yang sangat penting. Dalam hal ini, referensi yang digunakan adalah pasal 1 ayat 6 nomor 39 tahun 1999. Dalam pasal tersebut dijelaskan jika pengertian dari pelanggaran HAM adalah,

Setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Dari penjelasan di atas, bisa dilihat jika pelanggaran HAM adalah perbuatan yang mengganggu hak orang lain. Pelanggaran tersebut bisa dilakukan oleh siapa pun baik individu, kelompok atau bahkan instansi negara kepada masyarakat. Tentu saja, jika seseorang atau instansi tersebut melakukan pelanggaran, ada hukuman yang pantas di mana akan diberikan.

Baca: Bagaimana Menjaga Komitmen Persatuan Bangsa

Ketaatan pada hukum merupakan salah satu cara melatih diri untuk menghindari pelanggaran HAM tersebut. Setelah memahami apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM tersebut, tentu tugas Anda selanjutnya adalah menjaga diri agar jangan sampai terjerembab ke dalamnya.

Penyebab Terjadinya Pelanggaran HAM

Untuk lanjutan pembahasan terkait apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM, kita juga harus mengetahui apa penyebab terjadinya pelanggaran HAM di masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak terjadi pelanggaran HAM di dalam masyarakat Indonesia. Adanya fakta ini tentu merupakan suatu keprihatinan yang harus disikapi dengan bijak.

Nah, diantara beberapa penyebab seringnya terjadi pelanggaran HAM dalam tatanan masyarakat tersebut adalah:

  • Tidak adanya pemahaman yang menyeluruh terkait konsep tatanan HAM dari masyarakat. Salah satu perbedaan yang cukup berpengaruh besar adalah adanya pertentangan antara HAM yang diyakini bersifat universal dan HAM yang diyakini bersifat lebih lokal atau hanya berlaku satu negara saja.
  • Adanya pandangan di masyarakat terkait adanya hak yang bersifat sangat individualis menjadi ancaman yang nyata pada kepentingan umum. Sering terjadi standar ganda dalam penanganan kasus yang terjadi karena hal tersebut.
  • Masih kurangnya fungsi lembaga penegak hukum dalam upaya penyelesaian masalah-masalah pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat.
  • Kondisi masyarakat yang masih awam dan belum sepenuhnya mengetahui bagaimana konsep HAM yang harus dipahami dengan baik.

Beberapa penyebab pelanggaran HAM tersebut harus dipahami sebagai bagian penting dari apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM. Pemahaman mengenai penyebab pelanggaran HAM yang baik tentu akan membantu Anda terhindar dari permasalahan ini.

Usaha Menghindari dan Menegakkan HAM

Pentingnya permasalahan mengenai HAM harus menjadi kesadaran bersama. Dalam hal ini, perlunya peran aktif masyarakat agar tercipta kondisi masyarakat yang aman dan tenteram. Nah, ada cukup banyak usaha yang bisa dilakukan untuk menghindari serta berupaya menegakkan HAM dalam lingkup masyarakat yang lebih kecil.

Adapun beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk menegakkan HAM adalah sebagai berikut:

  • Memahami konsepsi HAM secara menyeluruh dan melihat batasan-batasan yang bersinggungan dengan orang lain
  • Berhati-hati dan menjaga sikap dalam segala interaksi kepada orang lain, baik saat berbicara, membuat status di media sosial dan interaksi lainnya
  • Memahami hak orang lain dan berusaha untuk menghormatinya
    Tidak bersifat egois dan menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial
  • Mempelajari masalah hukum terkait HAM dan berusaha untuk menjalankannya dengan baik
  • Tidak menganggap diri sendiri sebagai individu terbaik dan menghindari sikap fanatik terhadap golongan tertentu.

Jika beberapa hal di atas dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin ancaman pelanggaran HAM yang membayangi dapat diantisipasi dengan baik. Nah, demikian beberapa ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan pelanggaran HAM dan usaha untuk mencegahnya. Pahami dengan baik dan laksanakan dalam kehidupan Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here