Apa Yang Dimaksud Dengan Suhu atau Temperatur?

200

Apa yang dimaksud dengan suhu? Suhu atau temperatur adalah besaran fisika yang menyatakan panas dan dingin suatu benda. Suhu diukur dengan termometer yang dikalibrasi dalam satu atau beberapa skala suhu. Skala yang paling umum digunakan adalah skala Celcius, skala Fahrenheit, dan skala Kelvin.

Pengertian Suhu atau Temperatur

Dalam pengertian yang sederhana, suhu adalah suatu besaran yang menunjukkan apakah suatu benda panas atau dingin. Suhu juga bisa dibilang sebagai ukuran atau derajat atau tingkatan ukuran dingin atau panas pada suatu benda. Semakin tinggi suhu benda maka semakin panas benda tersebut. Suhu dapat menjadi penentu arah aliran kalor. Ingat, kalor mengalir dari suhu yang tinggi menuju suhu yang rendah.

Suhu merupakan besaran pokok. Untuk mengukur suhu diperlukan alat yang disebut dengan termometer. Umumnya suhu yang diukur dengan termometer menggunakan termometer zat cair yang berisi raksa atau alkohol, tetapi lebih bagus menggunakan zat cair berupa raksa karena raksa membasahi dinding termometer, sebagai penghantar panas yang baik dan lain sebagainya.

Ketika kita mempelajari Fisika SMA, definisi lebih lengkap dari suhu adalah derajat kebebasan pergerakan molekul-molekul zat.

  • Ketika suhu normal, molekul-molekul zat bergerak atau bergetar secara normal.
  • Ketika suhu menurun atau rendah, derajat kebebasannya rendah sehingga pergerakan molekul-molekul zat melambat.
  • Ketika suhu meningkat, derajat kebebasannya tinggi sehingga pergerakan molekul-molekul zat menjadi sangat cepat.

Pada pembuatan termometer terlebih dulu kita menentukan titik tetap atas dan titik tetap bawah. Untuk titik tetap termometer itu sendiri diukur pada tekanan 1atm. Diantara titik tetap atas dan bawah dibuat yang namanya skala suhu.

Pada penetapan titik tetap atas dengan menggunakan acuan berdasarkan suhu saat air mendidih (titik didih), sedangkan penetapan titik tetap bawah menggunakan acuan berdasarkan suhu ketika es melebur. Untuk penetapan titik tetap pada beberapa termometer yaitu sebagai berikut:

  1. Termometer Celcius
    Untuk termometer Celcius titik tetap bawah sebesar 0°C, sedangkan titik tetap atas sebesar 100°C. Untuk skala diantara kedua titik tetap adalah 100.
  2. Termometer reamur
    Untuk termometer reamur titik tetap bawah sebesar 0, sedangkan titik tetap atas sebesar 80. Untuk skala diantara kedua titik tetap adalah 80.
  3. Termometer Fahrenheit
    Untuk termometer fahrenheit titik tetap bawah sebesar 32, sedangkan titik tetap atas sebesar 212. Untuk skala diantara kedua titik tetap adalah 180.
  4. Termometer Kelvin
    Untuk termometer kelvin titik tetap bawah sebesar 0. Kelvin menetapkan suhu es melebur dengan angka 273 dan suhu air mendidih dengan angka 373. Untuk skala diantara kedua titik tetap adalah 100.

Nah, itulah pengertian mengenai apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur, demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai pelajaran fisika dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here