Apakah Tugas BPUPKI? Berikut Tugas Utamanya

Apa tugas BPUPKI – BPUPKI atau memiliki kepanjangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau dalam bahasa Jepang berarti Dokuritsu Junbi Cosakai ialah sebuah badan yang dibuat oleh pemerintah pendudukan balatentara pada masa penjajahan Jepang. Pendirian badan ini telah diumumkan oleh jenrdal Kumakichi Harada (jenrdal Jepang) pada tanggal 1 Maret 1945, namun badan ini baru benar-benar disahkan pada tanggal 29 April 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito.

apa tugas bpupki

Badan ini dibuat oleh Jepang sebagai upaya agar mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia sendiri dengan menjanjikan bahwa Jepang akan menolong pelaksanaan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI sendiri beranggotakan 67 orang yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan juga Raden Pandji Soeroso.

Apa Tugas BPUPKI?

Tugas utama dari BPUPKI seperti namanya, yaitu badan yang dibuat untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Atau lebih lengkapnya badan yang mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berhubungan dengan aspek-aspek ekonomi, politik, tata pemerintahan, dan hal-hal yang dibutuhkan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka. Selain tugas utama, BPUPKI juga melakukan tugas lainnya, yaitu sebagai berikut.

  • Membahas mengenai Dasar Negara
  • Sesudah melakukan sidang pertama, BPUPKI menyusun reses selama satu bulan
  • Membentuk atau menyusun Panitia Kecil (panitia delapan) Yang bertugas menampung saran atau anjuran dan konsepsi dari para anggota.
  • Membantu panita sembilan bersama panita kecil yang menghasilkan Piagam Jakarta.

Nah, itulah tugas utama dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan tugas lainnya. Demikian artikel sejarah yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *