Arti Implementasi dan Contoh Implementasi Pancasila

Pengertian Implementasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menurut bahasa diartikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Sedangkan menurut istilah adalah dilaksanakan dan diterapkan kurikulum yang telah dirancang/didesain untuk kemudian dijalankan sepenuhnya.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Implementasi biasanya dilakukan setelah perencanaaan sudah dianggap pasti atau benar.

Sedangkan arti Implementasi menurut para usman adalah bermuara pada aktivitas, aksi, tindakan, atau adanya mekanisme suatu sistem. Implementasi bukan sekedar aktivitas, tetapi suatu kegiatan yang terencana dan untuk mencapai tujuan kegiatan (Usman, 2002:70).

Contoh Implementasi Pancasila

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, dasar negara Republik Indonesia, dan sebagai ideologi nasional. Seluruh warga negara kesatuan Republik Indonesia sudah seharusnya mengetahui, mempelajari, mendalami dan mengembangkannya serta mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari–hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Yang paling penting kita sebagai warga negara Indonesia seharusnya bangga terhadap bangsa sendiri.

Berikut contoh implementasi pancasila dalam kehidupan sehari-hari:

  • Menghargai perbedaan antara umat beragama
  • Berprilaku adil dalam masyarakat
  • Saling gotong royong antar masyarakat
  • Bebas mengemukakan pendapat di depan umum

Nah, itulah arti atau pengertian mengenai Implementasi beserta contoh implementasi dalam kehidupan sehari-hari. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai pengertian implementasi dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *