Jelaskan arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara

976

Jelaskan arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara?

Arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara adalah suatu hal yang penting karena pancasila merupakan pedoman hidup untuk nilai nilai kemanusiaan yang ada pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Tanpa pancasila, negara Indonesia tidak akan hidup sesuai dengan nilai-nilai yang telah ditetapkan. Oleh karena itulah diperlukan tindakan mempertahankan pancasila.

Mempertahankan pancasila sebagai dasar negara memiliki arti melindungi atau menjaga atau mengusahakan supaya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat dilaksanakan/diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila perlu dipertahankan sebagai prinsip kebangsaan Indonesia untuk mencapai kehidupan yang berkedaulat adil dan makmur.

Sebagai pemersatu bangsa, Pancasila mutlak diperlukan oleh seluruh generasi bangsa. Sekalipun bangsa Indonesia yang sekarang sudah bersatu, tidak berarti Pancasila tidak diperlukan lagi. Karena yang disebut bangsa Indonesia bukan hanya yang sekarang ini ada, tetapi juga yang nanti akan ada. Selama masih terjadi proses regenerasi, selama itu pula Pancasila sebagai pemersatu Bangsa masih tetap kita perlukan.

Baca juga: Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan

Itu berarti, selama masih ada bangsa Indonesia, selama itu pula masih kita perlukan alat pemersatu bangsa. Ini berarti, bahwa selama masih ada bangsa Indonesia, maka Pancasila sebagai dasar negara masih tetap kita butuhkan. Ini sekaligus membuktikan kebenaran Pancasila, baik selaku dasar Negara, maupun sebagai kepentingan lain. Sehingga Pancasila menunjukkan memiliki banyak fungsi.

Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Pancasila

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Berikut penjelasannya.

Sila ke 1 Pancasila memiliki Nilai Ketuhanan
Sila ke 1 memiliki makna bahwa Indonesia mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa. Bermakna juga bahwa setiap warga negara diberikan kebebasan dalam beribadah dengan caranya masing–masing tanpa mendapat paksaan dari pihak manapun.

Sila ke 2 Pancasila memiliki Nilai Kemanusiaan
Sila ke 1 memiliki makna bahwa setiap tatanan masyarakat tidak terbatas kepada Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan wajib bersikap dan berperilaku sesuai norma dan adat istiadat yang berlaku, serta berhak mendapatkan persamaan derajat guna menciptakan keadilan dalam kemanusiaan.

Sila ke 3 Pancasila memiliki Nilai Persatuan
Sila ke 1 memiliki makna bahwa walaupun masyarakat Indonesia terdiri dari beragam pulau, etnis, suku, bahasa daerah, agama, warna kulit, dsb, namun tetap wajib mendapat persamaan kedudukan, serta persamaan kesejahteraan dibawah naungan pemerintah guna menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sila ke 4 Pancasila memiliki Nilai Kerakyatan
Sila ke 1 memiliki makna bahwa dalam tatanan bernegara di Indonesia perlu dilakukan secara demokrasi. Demokrasi yang berasalkan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat guna mencapai mufakat melalui lembaga–lembaga perwakilan.

Sila ke 5 Pancasila memiliki Nilai Keadilan
Sila ke 1 memiliki makna bahwa setiap lini maupun tingkatan masyarakat berhak mendapatkan kesamaan kesejahteraan dimana hal ini merupakan tujuan dasar bangsa Indonesia untuk mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Nah, itulah jawaban mengenai “arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara” yang dapat saya bagikan untuk Anda, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here