Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara

610

Pengertian Perdamaian Dunia – Dalam studi perdamaian, perdamaian dipahami dalam dua pengertian. Pertama, perdamaian adalah kondisi tidak adanya atau berkurangnya segala jenis kekerasan. Kedua, perdamaian adalah transformasi konflik kreatif non-kekerasan. Dari dua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa perdamaian adalah apa yang kita miliki ketika transformasi konflik yang kreatif berlangsung secara tanpa kekerasan.

Perdamaian selain merupakan sebuah keadaan, juga merupakan suatu proses kreatif tanpa kekerasan yang dialami dalam transformasi (fase perkembangan) suatu konflik. Umumnya pemahaman tentang kekerasan hanya merujuk padatindakan yang dilakukan secara fisik dan mempunyai akibat secara langsung. Batasan sepertiini terlalu minimalistis karena rujukannya berfokus pada peniadaan atau perusakan fisiksemata.

Kendati pun demikian, pengertian perdamaian tidak berhenti di situ. Perdamaian bukan sekedar soal ketiadaan kekerasan atau pun situasi yang anti kekerasan. Lebih jauh dariitu perdamaian seharusnya mengandung pengertian keadilan dan kemajuan. Perdamaiandunia tidak akan dicapai bila tingkat penyebaran penyakit, ketidakadilan, kemiskinan dankeadaan putus harapan tidak diminimalisir.

Perdamaian bukan soal penggunaan metodekreatif non-kekerasan terhadap setiap bentuk kekerasan, tapi semestinya dapat menciptakansebuah situasi yang seimbang dan harmoni, yang tidak berat sebelah bagi pihak yang kuattetapi sama-sama sederajat dan seimbang bagi semua pihak. Jadi perdamaian duniamerupakan tiadanya kekerasan, kesenjangan, terjadinya konflik antar negara di seluruh dunia.

Apa Arti Penting Perdamaian Dunia Bagi Kemajuan Sebuah Negara?

Perdamaian dunia akan mendorong terciptanya stabilitas dalam sebuah negara. Dengan adanya stabilitas, para pelaku ekonomi dan segenap komponen bangsa dapat dengan nyaman dan tenang melakukan kegiatan yang pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan negara tersebut dalam berbagai sisi.

Hubungan internasional juga menjadi penting bagi suatu negara, karena di masa sekarang di yakini bahwa tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri.Dengan adanya hubungan internasional, pencapaian tujuan negara akan lebih mudah dilakukan dan perdamaian dunia lebih mudah diciptakan.

Perdamaian dunia diperoleh dari adanya hubungan internasional yang baik dari suatu negara. Apabila tercipta perdamaian dunia, maka masa depan sebuah negara akan menjadi lebih baik pula. Jadi,untuk menciptakan perdamaian dunia diperlukan suatu hubungan yang baik dengan negara-negara internasional lainnya.

Untuk menciptakan hubungan internasional yang baik, maka diperlukan beberapa petunjuk dan cara yang dapat dilakukan oleh suatu negara. Misalnya pada negara kita sendiri, Indonesia. Sebagai negara berkembang Indonesia memerlukan jaringan yang kuat dalam rangka memperkuat kedudukan Indonesia di dunia internasional. Indonesia harus mampu menjalin hubungan dengan negara lain. Melalui hubungan internasional, Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia, terutama dalam bidang ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan.

Perdamaian dunia dapat mempengaruhi suatu negara. Karena hanya dalam keadaan damai suatu negara dapat membangun dan memperoleh syarat-syarat yang diperlukan untuk memperbesar kemakmuran rakyat. Kesimpulannya adalah perdamaian dunia memiliki makna dan pengaruh yang sangat penting bagi suatu negara karena dapat meningkatkan kemakmuran suatu negara dan bangsanya, mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara, serta dapat meningkatkan persaudaraan antar segala bangsa.

Referensi:
https://brainly.co.id/
http://rahmaamalianewblogaddress.blogspot.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here