Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia

552
5/5 (1)

Hak asasi manusia adalah hak-hak yang diberikan langsung oleh Tuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. Oleh karenanya, tidak ada kekuasaan apapun di dunia yang dapat mencabutnya.

Hak ini sifatnya sangat mendasar (fundamental) bagi hidup dan kehidupan manusia dan merupakan hak kodrati yang tidak bisa terlepas dari dan dalam kehidupan manusia. Sedangkan untuk kewajiban asasi manusia adalah suatu kewajiban mutlak yang perlu dilakukan oleh semua orang sesuai dengan apa yang ada dalam jati diri manusia.

Hak Asasi Manusia dan Kewajiban Asasi Manusia

Di Indonesia hak asasi manusia dan kewajiban diatur dalam undang-undang pasal 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum dan Pemerintahan, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia

Kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang apabila tidak dilaksanakan, tidak memungkinkan terlaksananya dan tegaknya hak asasi manusia

Bagaimana keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia

Keterkaitan antara hak asasi manusia dengan kewajiban asasi manusia merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dan harus berjalan dengan seimbang. Sehingga ketika seseorang menuntut haknya maka seseorang tersebut harus memenuhi kewajibannya. Dimana kita diberikan Hak-hak, kita juga harus melakukan kewajiban yang harus kita lakukan.

Contohnya saja kita sebagai anak di kasih uang jajan dari orang tua, itu adalah hak kita, tapi kita juga harus belajar dengan tekun, karena itu adalah kewajiban kita.

Antara Hak Asasi Manusia (HAM) dengan Kewajiban Asasi Manusia (KAM) memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan maupun dijalankan secara tidak seimbang.

Alasan mengapa antara HAM dan KAM harus dijalankan secara seimbang dan beriringan, sebab agar nantinya tidak ada ketimpangan dalam kehidupan bermasyarakat guna menjaga kerukunan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Apabila semua orang tidak menjalankan KAM dan hanya menuntut HAM, maka semua orang tidak akan merasakan Haknya. Maka dari itu, antara HAM dan KAM memiliki keterkaitan yang sangat erat sekali dan tidak dapat dipisahkan maupun dikurangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here