Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu

690

Dalam bahasa Sunda, terdapat dua tingkatan dalam ragam bahasa, yaitu pertama yang disebut dengan Ragam Basa Hormat atau Lemes (Halus), dan yang kedua adalah Basa Loma. Ragam Basa Hormat sendiri adalah ragam bahasa yang sering digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau juga orang yang dihormati.

Sedangkan Ragam Basa Loma merupakan ragam bahasa yang sering digunakan dalam berbicara dengan teman yang sudah akrab atau teman sepantaran, dan juga orang yang umurnya masih dibawah kita.

Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu

Jadi, kalimat bahasa Indonesia untuk mengungkapkan rasa suka atau “aku sayang kamu“, dapat diterjemahkan ke dalam behasa Sunda menggunakan Ragam Basa Hormat ataupun Basa Loma. Jika menggunakan Ragam Basa Hormat, kata “aku sayang kamu” menjadi “Simkuring bogoh ka salira“. Sedangkan dalam Basa Loma, kata “aku sayang kamu” menjadi “Kuring bogoh ka maneh“.

Sedangkan untuk kalimat ungkapan kata suka lainnya, yaitu “aku sayang kamu lebih dari siapa pun” jika diterjemahkan ke dalam bahasa sunda adalah “abdi nyaah ka anjeun langkung ti sasaha“. Sedangkan dalam bahasa sunda “aku cinta kamu sepenuh hatiku” adalah “abdi bogoh ka anjeun sapinuh hate abdi“. Sedangkan bahasa sundanya “aku mencintaimu sampai mati” adalah “abdi bogoh ka anjeun dugi ka maot“.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here