Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

361

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis – Indonesia adalah merupakan sebuah negara yang letaknya cukup strategis. Letak geografis Indonesia sendiri diapit oleh dua benua besar dan dua samudra yang cukup luas. Seperti halnya negara lainnya, Indonesia juga memiliki batas daratan dan batas lautan, baik di barat, selatan, timur dan utara. Berdasarkan letaknya Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan juga benua Australia. Sedangkan untuk wilayah perairan Indonesia dipait oleh dua samudra yang cukup luas yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Kita lupakan dulu mengenai batas geografis Indonesia, sekarang kita bahasa mengenai batas astronomis Indonesia. Batas Astronimis Indonesa sendiri dihitung berdasarkan letak garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis yang melingkari bumi secara horizontal, sedangkan garis bujur merupakan garis yang melingkari bumi secara vertikal yang menghubungkan antara kutub utara dan kutub selatan.

letak astronomis Indonesia berada di koordinat 95 derajat Bujur Timur sampai 141 derajat Bujur Timur, serta antara 6 derajat Lintang Utara sampai dengan 11 derajat Lintang Selatan. Penulisan letak astronomis Indonesia ini dapat disingkat menjadi adalah 6 derajat LU-11 derajat LS dan 95 derajat BT-141 derajat BT.

Letak wilayah Indonesia secara astronomis juga mempengaruhi zona iklim di Indonesia yang masuk ke dalam iklim tropis, karena masih berdekatan dengan garis khatulistiwa. Selain itu, zona waktu di Indonesia juga terbagi menjadi 3 waktu, diantaranya WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan WIT (Waktu Indonesia Timur) karena memang letak garis bujur yang mencapai 15 bujur barat.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Wilayah Indonesia bisa dibilang cukup luas dengan sebagian besar adalah perairan. Oleh karena itulah, Indonesia masuk ke dalam kategori negara maritim karena sebagian besar wilayahnya adalah perairan dan juga masuk ke dalam kategori negara dengan kepulauan. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak wilayah yang berbatasan dengan negara lain.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Batas wilayah Indonesia dibatasi berupa daratan dan juga lautan. Berikut merupakan batas-batas wilayah di Indonesia secara geografis bagian utara, batas wilayah Indonesia bagian timur, batas wilayah Indonesia bagian barat dan batas wilayah Indonesia bagian selatan

  1. Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara
    Batas daratan Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo). Sedangkan batas laut Indonesia bagian utara berbatasan dengan wilayah perairan beberapa negara tetangga yaitu Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam yang meliputi perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.
  2. Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat
    Batas laut Indonesia bagian barat berbatasan dengan wilayah Samudera Hindia serta perairan negara India.
  3. Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur
    Batas daratan Indonesia bagian timur berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini, tepatnya di Pulau Papua (Irian Jaya). Sedangkan batas laut Indonesia bagian timur berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.
  4. Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan
    Batas daratan Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, tepatnya di Pulau Timor. Sedangkan batas laut Indonesia bagian selatan berbatasan dengan wilayah perairan negara Australia yang meliputi perairan Samudera Hindia.

Nah, itulah informasi mengenai batas wilayah Indonesia secara astronomis dan batas wilayah Indonesia secara geografis. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai batas wilayah astromis dan geografis Indonesia, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here