8 Ciri Ciri Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

Ciri-ciri masyarakat multikultural – Masyarakat multikultural merupakan sebuah kondisi masyarakat majemuk yang telah mencapai sebuah keharmonisan dan keteraturan di dalam masyarakat. Masyarakat kultural adalah suatu masyarakat yang memiliki beberapa sub sistem di dalamnya, yang mana sub sisem tersebut berdiri sendiri dan saling mempunyai keterkaitan satu sama lainnya dengan ikatan primordial.

Masyarakat multikultural sendiri terdiri dari 3 unsur kata, yakni, Masyarakat, Multi, dan Kultural. Masyarakat berarti suatu kesatuan hidup manusia yang mengandung interaksi serta rasa toleransi antar manusia tersebut atas dasar sistem adat istiadat. Multi berarti banyak, beragam, atau keberagaman. Sedangkan Kultural berarti budaya. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa masyarakat multikultural adalah masyarakat dengan berbagai macam unsur kebudayaan yang terkandung di dalamnya.

Jadi kesimpulannya, masyarakat multikultural adalah Masyarakat multikultural adalah masyarakat yg memiliki berbagai keberagaman, mulai dari keberagaman suku, budaya, ras, bahasa, dan agama.

Ciri Ciri Masyarakat Multikultural di Indonesia

  1. Mempunyai lebih dari satu struktur budaya
  2. Struktur sosial masyarakat multikultural bersifat nonkomplementer
  3. Adanya segmentasi dan terjadinya segmentasi ke dalam bentuk-bentuk kelompok
  4. Kurang mengembangkan konsensus di antara para anggota terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar atau Konsensusnya rendah.
  5. Berpotensi terjadinya konflik
  6. Proses integrasi mengandung unsur paksaan
  7. Terdapat dominasi politik suatu kelompok kepada kelompok lainnya
  8. Adanya kelompok mayoritas dan minoritas.

Indonesia adalah negara yang termasuk punya masyarakat yang bisa disebut masyarakat multikultural. hal yang perlu kita pelajari ialah bagaimana ketika kita telah menjadi bagian dari mayoritas tetapi tidak menindas atau mendiskriminasi terhadap kaum yang minoritas disitulah poin penting dari pembelajaran tentang masyarakat multikultural.

8 Ciri-Ciri Masyarakat Multikultural Menurut Para Ahli

Berikut ciri-ciri masyarakat multikultural menurut para ahli di seluruh dunia yang cukup terkenal:

1. J. S Furnival, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih komunitas (kelompok) yang secara kultural dan ekonomi terfragmentasi dan memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain.

2. Nasikun, sebuah masyarakat plural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih dari tatanan sosial, masyarakat, atau kelompok yang secara kultural, ekonomi, dan politik dipisahkan (diisolasi), dan memiliki struktur kelembagaan dan berbeda satu sama lain.

3. Clifford Geertz, sebuah masyarakat plural adalah masyarakat yang terbagi menjadi beberapa subsistem embrio itu sendiri dan terikat dalam ikatan primordial.

4. Pierre L Van den Berghe, menunjukkan bahwa masyarakat majemuk ditandai sebagai berikut.

  • Mengalami segmentasi ke dalam kelompok subkultur yang berbeda satu dengan yang lain.
  • Memiliki struktur sosial dibagi menjadi lembaga non komplementer.
  • Kurang mengembangkan konsensus di antara anggota bahwa nilai-nilai dasar.
  • Relatif sering bertentangan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.
  • Secara relatif pertumbuhan integrasi sosial pada paksaan (pemaksaan) dan saling ketergantungan di bidang ekonomi.
  • Adanya dominasi politik oleh satu kelompok atas yang lain.

5. Azyumardi Azra, “Multikulturalisme” pada dasarnya adalah pandangan dunia yang kemudian dapat diterjemahkan ke dalam berbagai kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan realitas pluralitas agama dan multikultural yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Multikulturalisme juga dapat dipahami sebagai pandangan dunia yang kemudian diwujudkan dalam kesadaran politik.

6. Parekh, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari beberapa jenis kumunitas budaya dengan semua manfaat, dengan sedikit perbedaan dalam konsepsi dunia, sistem makna, nilai, bentuk organisasi sosial, sejarah, adat istiadat dan kebiasaan.

7. Lawrence Blum, multikulturalisme meliputi pemahaman, apresiasi dan penilaian budaya seseorang, serta penghormatan dan keingintahuan tentang budaya etnis orang lain.

8. Suparlan, sebuah ideologi yang mengakui dan mengagungkan perbedaan dalam kesetaraan baik individu dan budaya.

Nah itulah jawaban mengenai ciri-ciri masyarakat kultural, demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai pelajaran sosiologi “Kebudayaan dan Multikulturalisame” dengan kata kunci ciri-ciri masyarakat multikultural, masyarakat multikultural dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *