Ciri Politik dan Kebijakan Pada Masa Pemerintahan SBY

Kebijakan Pada Masa Pemerintahan Presiden SBY – SBY telah berhasil mengubah citra Indonesia dan menarik investasi asing dengan menjalin berbagai kerja sama dengan banyak negara pada masa pemerintahannya, antara lain dengan Jepang. Perubahan-perubahan global pun dijadikannya sebagai peluang. Politik luar negeri Indonesia di masa pemerintahan SBY diumpamakan dengan istilah “mengarungi lautan bergelombang”, bahkan “menjembatani dua karang”. Hal tersebut dapat dilihat dengan berbagai insiatif Indonesia untuk menjembatani pihak-pihak yang sedang bermasalah.

Ciri-ciri politik luar negeri Indonesia pada masa pemerintahan SBY antara lain, sebagai berikut.

  1. Terbentuknya kemitraan-kemitraan strategis dengan negara-negara lain (Japang, China, India, dan lain-lain).
  2. Terdapat kemampuan beradaptasi Indonesia terhadap perubahan-perubahan domestik dan perubahan-perubahan yang terjadi di luar negeri (Internasional).
  3. Bersifat pragmatis kreatif dan oportunis, artinya Indonesia mencoba menjalin hubungan dengan siapa saja (baik negara, organisasi internasional, ataupun perusahaan multinasional) yang bersedia membantu Indonesia dan menguntungkan pihak Indonesia.
  4. Konsep TRUST, yaitu membangun kepercayaan terhadap dunia Internasional. Prinsip-prinsip dalam konsep TRUST adallah unity, harmony, security, leadership, and prosperity. Prinsip-prinsip dalam konsep TRUST inilah yang menjadi sasaran politik luar negeri Indonesia pada tahun 2008 dan selanjutnya.

Selain memerhatikan kebijakan luar negeri, SBY juga menempuh kebijakan luar negeri yang relatif berhasil. Beberapa kebijakan dalam negeri yang pernah diambil oleh SBY antara lain sebagai berikut.

  1. Menekankan program ekonomi makro daripada program peningkatan ekspor secara spesifik.
  2. Resep perbaikan iklim investasi, pembangunan insfrastruktur massal untuk menciptakan lapangan kerja baru.
  3. Melanjutkan pertumbuhan ekonomi pada masa pemerintahan Megawati.
  4. Indeks harga saham gabungan (IHSG) membumbung ke rekor 861.318. Kurs antara Rp.8.900,00 sampai Rp. 9.150,00 US $.
  5. Mengandalkan pembangunan insfrastruktur massal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi.
Itulah sedikit penjelasan mengenai ciri politik pada masa pemerintahan SBY dan juga kebijakan dalam negeri yang pernah diambil oleh Presiden SBY. Sekian informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *