Contoh Pelanggaran HAM Ringan dan Berat di Indonesia

Contoh pelanggaran HAM ringan – Hak Asasi Manusia atau HAM merupakan hak dasar yang melekat pada setiap insan manusia sejak mereka lahir. Beberapa hak yang termasuk ke dalam hak asasi mencakup hak untuk hidup, hak untuk berbicara dan mengutarakan pendapat, hak untuk mendapat pendidikan, hak untuk mendapatkan makanan dan minuman, hak untuk mendapat perlindungan dari negara, hak untuk memeluk agamanya masing-masing dll.

Karena sifatnya yang melekat pada setiap insan manusia, sudah menjadi tugas setiap pemerintah untuk menjamin tegaknya HAM. Secara khusus, pemerintahan Indonesia telah mengambil peran dalam penegakan HAM di Indonesia. Namun, hingga saat ini upaya pemerintah dalam menegakkan HAM masih belum jelas.

Masih banyak kasus-kasus pelanggaran HAM yang seolah-olah lenyap ditelan bumi. Mulai dari kasus Trisaksi, Mei 1998, pembunuhan Munir, aksi militer di Timor Leste (kala itu Timor Timur), terhalangnya kebebasan beragama, penyegelan gereja, pembakaran Masjid Ahmadiyah, hingga beragam kasus lain masih menodai upaya penegakan HAM di Indonesia.

Contoh Pelanggaran HAM Ringan di Indonesia

  1. Melarang orang untuk menyampaikan pendapat.
  2. Merampas hak milik orang lain.
  3. Melarang orang untuk beribadah.
  4. Memaksa orang untuk merubah pilihan saat pemilu.
  5. Melarang anak untuk bersekolah.

Contoh Pelanggaran HAM Berat di Indonesia

  1. Kasus Trisakti
  2. Kasus Mei 1998.
  3. Kasus pembunuhan Munir.
  4. Aksi militer di Timor Leste (kala itu Timor Timur).
  5. Terhalangnya kebebasan beragama.
  6. Penyegelan rumah ibadah
  7. Pembakaran Masjid Ahmadiyah.
  8. Penurunan patung Buddha di Tanjungbalai, Sumatera Utara.

Nah, itulah 5 contoh pelanggaran ringan dan 8 contoh pelanggaran berat yang selama ini terjadi di Indonesia. Contoh tersebut hanya sedikit dari pelanggaran HAM di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *