Dendrit adalah? Pengertian dan Fungsi Dendrit

40

Dendrit adalah? Dendrit merupakan salah satu bagian di dalam sistem saraf manusia yang jumlahnya terdiri dari berjuta-juta sel saraf yang bentuknya bervariasi.

Sel saraf atau neuron adalah satuan kerja utama dari sistem saraf yang mempunyai fungsi untuk mengantarkan impuls listrik yang terbentuk akibat adanya suatu stimulus (rangsang). Jutaan sel saraf (neuron) ini membentuk suatu sistem saraf.

Di dalam tubuh manusia, sel saraf tersebut saling berhubungan satu sama lain untuk memindahkan impuls dari bagian tubuh satu ke bagian tubuh lain. Seluruh sel-sel saraf tersebut saling bekerja sama dalam pengaturan kerja alat tubuh.

Fungsi dari sel saraf adalah untuk mengirimkan pesan (impuls) yang berupa rangsang (stimulus). Sistem saraf pada dasarnya merupakan bagian dari sistem koordinasi atau regulasi yang ada pada tubuh manusia. Berikut penjelasan mengenai dendrit dan fungsinya.

Pengertian Dendrit

Dendrit berasal dari bahasa Yunani dendron yang artinya pohon. Jadi, dendrit adalah cabang dari Neuron. Sel-sel saraf yang berada di otak disebut dengan Neuron. Pada setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat inti sel dan sitoplasma. Dari badan sel tersebut keluar dua macam serabut saraf, yaitu dendrit dan juga akson (neurit).

Ssetiap neuron hanya memiliki satu akson dan satu dendrit (minimal). Kedua serabut ini (dendrit dan akson) berisi sel plasma di dalamnya. Pada bagian luar dari akson terdapat sebuah lapisan lemat yang disebut dengan mielin yang berupa kumpulan sel Schwann yang menempel pada akson.

Sel Schwann sendiri merupakan sel glia yang membentuk selubung lemak di seluruh serabut saraf mielin. Sedangkan membran plasma sel Schwann disebut dengan neurilema. Fungsi dari mielin ini adalah untuk melindungi akson dan juga memberi nutrisi.

Bagian dari akson yang tidak terbungkus mielin disebut dengan nodus Ranvier yang memiliki fungsi mempercepat penghantaran impuls.

Fungsi Dendrit

Fungsi dendrit adalah untuk mengirimkan impuls ke badan sel saraf. Selain itu dendrit berfungsi untuk menerima dan mengantarkan rangsangan ke badan sel.

Dendrit merupakan segmen neuron yang menerima stumulasi (rangsang) agar selnya menjadi aktif yang menjalankan pesan listrik ke sel tubuh neuron bagi sel untuk dapat berfungsi.

Sedangkan akson memiliki fungsi untuk mengirimkan impuls dari badan sel ke jaringan lain. Dendrit umumnya memiliki bentuk pendek dan bercabang, sedangkan akson biasanya sangat panjang.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian dendrit beserta fungsi dendrit. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai materi biologi dan semoga bermanfaat.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Dendrit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here