Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli

479

Desentralisasi adalah? – Dalam materi pelajaran khususnya materi pelajaran pendidikan kewarganegaraan, pasti akan dibahas mengenai apa itu desentralisasi dan sentralisasi. Materi tersebut akan kita bahas salah satu mengenai desentralisasi, apa itu Desentralisasi? Berikut pengertian desentralisasi menurut para ahli.

Henry Maddick (1963) = penyerahan kekuasaan secara hukum untuk dapat menangani bidang-bidang atau fungsi-fungsi tertentu kepada daerah otonom.

Rondinelli, Nellis, dan juga Chema (1983) = penciptaan atau penguatan, baik itu dari segi keuangan maupun hukum, kepada unit-unit pemerintahan subnasional yang penyelenggaraannya secara bersifat substansial berada diluar kontrol langsung dari pemerintah pusat.

Rondinelli (1983) = penyerahan perencanaan , pembuatan keputusan, ataupun kewenangan administratif dari pemerintah pusat kepada suatu organisasi wilayah, satuan administratif daerah, organisasi semi otonom, pemerintah daerah, ataupun organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat.PBB ialah merujuk kepada pemindahan kekuasaan dari pemerintah pusat baik itu melalui dekonsentrasi (delegasi) pada pejabat wilayah ataupun melalui devolusi pada badan-badan suatu otonom daerah.

 

Pengertian Desentralisasi Menurut UUD

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (UU Pemda) menjelaskan pengertian desentralisasi yang terdapat pada Pasal 1 angka 7 yang menyebutkan bahwa

Desentralisasi adalah penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.”
semoga membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here