Diksi adalah? Pengertian Diksi, Fungsi, Manfaat, dan Contoh

44

Diksi adalah ? – Indonesia memiliki bermacam-macam suku, bangsa, dan bahasa. Hal itu juga disertai dengan bermacam-macam suku bangsa yang memiliki banyak bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang digunakan juga memiliki karakter berbeda-beda sehingga penggunaan bahasa tersebut berfungsi sebagai sarana komunikasi dan identitas suatu masyarakat tersebut. Sebagai makhluk sosial kita tidak bisa terlepas dari berkomunikasi dengan sesama dalam setiap aktivitas.

Dalam kehidupan bermasyarakat atau dalam dunia pemerintahan sering kita jumpai ketika seseorang berkomunikasi dengan pihak lain tetapi pihak lawan bicara kesulitan menangkap informasi dikarenakan pemilihan kata yang kurang tepat ataupun dikarenakan salah paham. Pemilihan kata yang tepat merupakan sarana pendukung dan penentu keberhasilan dalam berkomunikasi. Pilihan kata atau diksi bukan hanya soal pilih-memilih kata, melainkan lebih mencakup bagaimana efek kata tersebut terhadap makna dan informasi yang ingin disampaikan.

Pemilihan kata tidak hanya digunakan dalam berkomunikasi namun juga digunakan dalam bahasa tulis. Dalam bahasa tulis pilihan kata (diksi) mempengaruhi pembaca mengerti atau tidak dengan kata-kata yang kita pilih. Dalam artikel ini akan membahas mengenai pengertian pemilihan kata dalam bahasa Indonesia, syarat pemilihan kata, fungsi pemilihan kata, dan jenis-jenis pemilihan kata, serta memberikan contoh dalam pemilihan kata yang benar.

Pengertian Diksi Secara Singkat dan Lengkap

Secara singkat, Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata, gaya bahasa, ungkapan-ungkapan pengarang untuk mengungkapkan sebuah cerita. Agar menghasilkan cerita yang menarik, diksi atau pemilihan kata harus memenuhi syarat-syarat. Sedangkan secara lengkap bisa disimak penjelasan di bawah ini.

Pilihan kata atau diksi pada dasarnya adalah hasil dari upaya memilih kata tertentu untuk dipakai dalam kalimat, alenia, atau wacana. Pemilihan kata dapat dilakukan bila tersedia sejumlah kata yang artinya hampir sama atau bermiripan. Pemilihan kata bukanlah sekedar memilih kata yang tepat, melainkan juga memilih kata yang cocok. Cocok dalam arti sesuai dengan konteks di mana kata itu berada, dan maknanya tidak bertentangan dengan yang nilai rasa masyarakat pemakainya.

Pilihan kata atau diksi adalah kemampuan membedakan secara tepat nuansa-nuansa makna dari gagasan yang ingin disampaikan, dan kemampuan untuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat pendengar. Pemilihan kata yang tepat dan sesuai hanya dimungkinkan oleh penguasa sejumlah besar kosa kata atau perbendaharaan kata bahasa itu. Sedangkan yang dimaksud pembendaharaan kata atau kosa kata suatu bahasa adalah keseluruhan kata yang dimiliki suatu bahasa diksi bukan hanya berarti pilih-memilih kata. Istilah ini bukan saja digunakan untuk menyatakan gagasan atau menceritakan peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dan sebagainya.

Diksi atau pilihan kata mencakup pengertian kata-kata mana yang dipakai untuk menyampaikan suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan yang tepat, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu-situasi. Pilihan kata yang tepat dan sesuai hanya dimungkinkan oleh penguasaan sejumlah besar kosa kata atau perbendaharaan kata bahasa itu.

Kata yang tepat akan membantu seseorang mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin disampaikannya, baik lisan maupun tulisan. Di samping itu, pemilihan kata itu harus pula sesuai dengan situasi dan tempat penggunaan kata-kata itu. Sedangkan kelompok kata (frase) adalah satuan gramatikal yang terdiri atas dua kata atau lebih yang tidak melampaui batas fungsi, (Keraf, Gorys, 1985).

Fungsi Diksi

Berikut 6 fungsi utama dari diksi.

  1. Melambangkan gagasan yang diekspresikan secara formal.
  2. Untuk mencegah perbedaan penafsiran atau kesalapahaman.
  3. Untuk mencapai target komunikasi yang efektif.
  4. Untuk melambangkan gagasan yang di ekspresikan secara verbal.
  5. Agar suasana yang tepat bisa tercipta.
  6. Membentuk gaya ekspresi gagasan yang tepat (sangatresmi, resmi, tidakresmi) sehingga menyenangkan pendengar atau pembaca, (Sugono, Dendy. 2003).

Manfaat Diksi

  1. Dapat membedakan secara cermat kata-kata denitatif dan konotatif, bersinonim dan hampir bersinonim, kata-kata yang mirip dalam ejaannya.
  2. Dapat membedakan kata-kata ciptaan sendiri dan juga kata yang mengutip dari orang yang terkenal yang belum diterima dimasyarakat. Sehingga dapat menyebabkan kontroversi dalam masyarakat.

Contoh Kalimat Diksi

  • Dia adalah wanita cantik (denotatif)
  • Dia adalah wanita manis (konotatif)

Nah, itulah pengertian mengenai diksi secara singkat maupun secara lengkap, beserta fungsi, manfaat, dan contoh kalimat diksi. Demikian artikel yang dapay saya bagikan mengenai pengertian diksi dan smeoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here