Distorsi adalah? Pengertian Distorsi Seni dan Ekonomi

29

Distorsi adalah? Arti kata distorsi adalah penyimpangan dan kekacauan baik itu besar atau kecil yang dapat menganggu proses tercapainya sebuah tujuan. Distorsi mempunyai dua pengertian tergantung dari bidangnya, ada distorsi dalam dunia seni, dan ada juga pengertian distrosi dalam dunia ekonomi. Berikut masing-masing penjelasannya!

Pengertian Distorsi Dalam Seni

Distorsi adalah perubahan bentuk yang tidak sempurna akibat tidak sesuainya ukuran dengan proporsi gambar pada awalnya sehingga gambar menjadi menonjol dari bentuk aslinya. Distorsi juga dikatakan sebagai gambar yang tidak pas antara perbandingan panjang dan lebarnya. Sehingga apabila itu potret wajah, wajah akan terlihat semakin lonjong ataupun semakin bulat.

Dalam dunia seni, Distorsi adalah suatu cara melukiskan di dalam suatu gambar dengan cara yaitu memberikan efek melebih-lebih kan garis atau sejenisnya di dalam suatu gambar dengan memberikan efek atau memberikan variasi di suatu bagian-bagian tertentu sehingga pada gambar tersebut benda yang ingin di gambar akan bagus sehingga dapat kelihatan menarik.

 

Pengertian Distorsi Dalam Ekonomi

Dalam dunia ekonomi, Distorsi adalah ketidaksempurnaan pasar, yang membuat kondisi ekonomi tidak efisien yang mengakibatkan terganggunya agen ekonomi dalam memaksimalkan kesejahteraan sosial, terutama dalam rangka memaksimalkan kesejahteraan mereka sendiri.

Pengertian distorsi adalah keadaan ekonomi pada suatu pasar yang tidak mengalami kesempurnaan atau mengalami penurunan yang dapat merugikan banyak pihak. Keadaan distorsi ini sangat mengganggu tingkat perekonomian karena membuat tingkat penjualan tidak seimbang dengan tingkat pembelian yang pada akhirnya akan menurunkan laba kotor dan laba bersih yang akan kita dapatkan.

Pengertian distorsi pasar lebih mudah diartikan sebagai tindakan penyimpanan suatu barang yang tujuannya untuk meraih keuntungan. Pada umumnya dilakukan secara pribadi baik itu secara individu ataupun berkelompok yang tujuannya untuk dijual lagi pada saat harga sedang naik. Tindakan seperti ini akan mengacaukan sistem pasar yang ada.

Pendek kata, pengertian distorsi pasar adalah sebuah keadaan ekonomi yang mengalami penurunan yang dilakukan oleh individu dengan menghambat penjualan yang dapat memberikan keuntungan bagi yang menghambatnya, namun bisa memberikan kerugian bagi banyak pihak.