Drs. Mohammad Hatta (Biografi, Pendidikan, Peran, Riwayat)

278
Drs. Mohammad Hatta (Biografi, Pendidikan, Peran, Riwayat)

Biografi Moh. Hatta – Drs. Mohammad Hatta atau biasa dipanggil Bung Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902, dan meninggal di Jakarta, pada tanggal 14 Maret 1980), Beliau pernah menjadi menjadi Menteri Luar Negeri Indonesia pada periode 20 Desember 1949 hingga 6 September 1950.

Selama Hidup, Drs. Mohammad Hatta Menempuh pendidikan di ElS (Europese Lagere School) di Bukit Tinggi, pada tahun 1916. Kemudian melanjutkan sekolahnya di MULO (Meer Ultgebreid Lagere Ondewijs) di kota Padang tahun 1919. Setelah lulus dari MULO, Bung Hatta melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Dagang yang bertempat di Batavia, yang sekarang bernama Jakarta pada tahun 1921.

Setelah Lulus dari Sekolah Menangah Dagang, Beliau meneruskan pendidikannya di luar negeri tepatnya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Handels Hoge School) di Rotterdam, Belanda. Bung Hatta mulai aktif dalam berbagai organisasi sejak di MULO, mula-mula dalam perkumpulan sepak bola sekolahnya, kemudian dalam Jong Sumatranen Bond (perkumpulan pemuda) di kota Padang.

Keaktifan berorganisasi tersebut diteruskan pada waktu Beliau kuliah di negeri Belanda, salah satunya beliau pernah menjabat sebagai ketua Perhimpunan Indonesia di Belanda. Pada tanggal 17 Agustus 1945, beliau memproklamasikan Indonesia Merdeka Indonesia bersama Ir. Soekarno dan menjabat sebagai Wakil Presiden RI pertama di Indonesia.

Drs. Mohammad Hatta Selepas Indonesia Merdeka

Selepas Indonesia Merdeka, Beliau aktif dalam memperjuangkan pengakuan kedaulatan Indonesia di luar negeri diantaranya memimpin delegasi Indonesia pada Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada bulan Agustus-November 1949 sekaligus menerima penyerahan Kedaulatan RI dari pemerintah Belanda yang diwakili, Ratu Juliana pada tanggal 27 Desember 1949.

Baca: SAYUTI MELIK (Biografi, Pendidikan, Peran, Riwayat)

Selain aktif dalam bidang politik, Bung Hatta juga aktif dalam bidang ekonomi. Keaktifannya mampu memajukan perekonomian rakyat melalui koperasi, sehingga membuat beliau dijuluki sebagai “Bapak Koperasi Indonesia“. Bung Hatta meninggal di Jakarta pada tanggal 14 Maret tahun 1980 dan dimakamkan di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Bersama Ir. Soekarno, Bung Hatta diberi gelar sebagai Pahlawan Proklamasi. (Source: freedomsiana.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here