Eksploitasi adalah? Arti Eksploitasi dan Pengertian Eksplorasi

885

Pengertian Eksploitasi dan Eksplorasi – Eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam banyak diwarnai oleh paradigma yang menilai sumber daya alam sebagai pedapatan ketimbang modal. Paradikma tersebut telah berkembang jauh sebelum terjadinya revolusi industri sebagai infestasi dari hasrat manusia untuk menguasai alam yang harusnya saling membutuhkan untuk menuju keseimbangan kualitas hidup yang lebih baik implikasi pandangan dunia yang demikiian secara sadar atau tidak telah membentuk produksi seluruh aktivitas ekonomi. Eksploitasi sumberdaya alam hanya diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi tanpa memperhatikan secara keseimbangannya dan tanpa melihat dampak negatif yang terjadi akibat eksplorasi dan eksploitasi tersebut. Berikut pengertian eksploitasi dan eksplorasi.

Pengertian Eksploitasi

Eksploitasi adalah usaha penambangan dengan maksud untuk menghasilkan bahan galian dan memanfaatkannya. Kegiatan ini dapat dibedakan berdasarkan sifat bahan galiannya yaitu, galian padat dan bahan galian cair serta gas.

Eksploitasi berasal dari bahasa Inggris, eksploitasi adalah politik pemanfaatan, eksploitasi adalah untuk kepentingan ekonomi atau kesejahteraan. Ekspolitasi sumberdaya alam berarti mengambil dan menggunakan sumber daya alam itu untuk tujuan pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Eksploitasi adalah? Arti Eksploitasi dan Pengertian Eksplorasi

Pengertian lain dari Eksploitasi adalah pengambilan sumberdaya alam untuk dipakai/dipergunakan atau dimanfaatkan dalam berbagai keperluan manusia.

Eksploitasi sumberdaya alam yang mengabaikan lingkungan akan mengancam keberlajutan dan ketersedian sumber daya alam itu. pasal 33 ayat (3) Undang-undang Dasar 1945 menggariskan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat“.

Salah satu asas penting dalam pemanfaatan kekayaan alam dalam pembangunan Indonesia adalah pengutamaan pengelolaan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan.

Pengertian Eksplorasi

Sedangkan Eksplorasi dan ekpoitasi adalah kata yang sudah tidak asing ditelinga kita, kedua istilah tersebuat sebenarnya memiliki istilah yang sangat erat sekali jika dikaitkan dengan sebuah kepentingan atu tujuan kegiatan. Eksplorasi pengertian suatu bentuk kegiatan penggalian informasi atau kumpulan data-data yang dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan beberapa data maupun informasi-informasi yang nantinya akan diteliti atau di informasikan kepada pihak-pihak lain yang membutuhkanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here