Fertilisasi adalah? Pengertian Fertilisasi (Internal dan Eksternal)

504

Fertilisasi adalah suatu proses penyatuan atau peleburan inti sel telur (ovum) dengan inti Sel spermatozoa membentuk makhluk hidup baru yang disebut zigot. Sedangkan pengertian lainnya Fertilisasi (pembuahan) adalah peristiwa bersatunya antara spermatozoa dengan sel sperma telur, dan ini pembuahan sering kali diartikan sebagai penyerbuka.

Meskipun zigot Masih satu sel tetapi ia disebut makhluk hidup baru, karena zigot adalah bentuk paling awal dari semua makhluk hidup yang berkembang melalui proses fertilisasi. Dari zigot dari satu sel inilah akan berkembang menjadi embrio tahap dua sel, empat sel, morula, blastosis dan akan terus berkembang dan berdiferensiasi membentuk organ-organ tubuh sampai, dan akhirnya menjadi fetus dan lahir.

Setelah mencapai dewasa kelamin (pubertas), maka aktivitas reproduksi akan dimulai kembali melalui proses gametogenesis dan fertilisasi sehingga membentuk suatu siklus yang saling berkaitan.

Fertilisasi adalah? Pengertian Fertilisasi (Internal dan Eksternal)

Fungsi Fertilliasi

Fertiliasi mempuyai dua fungsi yang masih dibagi kedalam dua jenis, yaitu fungsi reproduksi, dan juga fungi perkembangan.

Fungsi Reproduksi
Fertilisasi memungkinkan pemindahan unsur-unsur genetik dari para tetuanya. Jika pada gametogenesis terjadi reduksi (pengurangan) unsur genetik dari 2n (diploid) menjadi n (haploid), maka pada fertilisasi memungkinkan pemulihan kembali unsur genetiknya, n dari tetua jantan dan n dari tetua betina sehingga diperoleh individu normal 2n. Tanpa fertilisasi (kecuali pada kasus-kasus tertentu), kesinambungan keturunan suatu spesies tidak akan terjadi.

Fungsi Perkembangan
Fertelisasi menyebabkan gertakan atau rangsangan pada sel telur untuk menyelesaikan proses pembelahan meiosisnya, dan membentuK pronukleus betina yang akan melebur (syngami) dengan pronukleus jantan (berasal dari inti spermatozoa) membentuk zigot dan seterusnya berkembang menjadi embrio, fetus, lahir dan dewasa. Jika fertilisasi tidak terjadi maka sel telur tetap akan bertahan pad a tahap metafase II yang selanjutnya akan berdegenerasi tanpa mengalami proses perkembangan selanjutnya.

 

Macam-Macam Fertilisasi

Fertilisasi masih dibagi kedalam dua jenis, yaitu fertilisasi internal dan eksternal.

Fertilisasi Internal adalah pembuahan yang terjadi di dalam tubuh sang induk. Telur atau anak akan keluar setelah pembuahan di dalam dan kehamilan beberapa lama.

Fertilisasi Eksternal adalah pembuahan yang terjadi di luar tubuh sang induk. Fertilisasi jenis ini hanya terjadi pada hewan. Hewan betina akan mengeluarkan banyak ovum, dan hewan jantan mengeluarkan lebih banyak sperma.

Nah, itulah pengertian mengenai fertilisasi, beserta pengertian, fungsi, dan macam-macamnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai materi fertilisasi, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here