Fungsi Bronkiolus Pada Pernapasan Manusia

1055

Paru-paru adalah salah satu organ bagian tubuh manusia dalam yang perannyacukup penting, karena berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini dikatakan sangat penting bagi manusia ataupun hewan karena paru-paru digunakan sebagai media masuknya oksigen. Oksigen perannya sangat penting dalam proses respiras di mitokondria pada sel-sel tubuh, sehingga dapat menghasilkan energi bagi tubuh untuk dapat bergerak dan beraktivitas.

Paru-paru merupakan organ utama pernapasan dalam tubuh manusia yang didalamnya masih terdapat beberapa organ penyusun lainnya, diantaranya adalah Bronkus, Trakea, Bronkiolus, Alveolus, Diafragma, Pleura, dan Lobus. Namun, pasa kesempatan kali ini kita tidak akan membahasa semuanya, namun kita akan membahas Bronkiolus beserta fungsinya.

Fungsi Bronkiolus Pada Pernapasan Manusia

 

Apa itu Bronkiolus dan Apa Fungsinya?

Bronkiolus adalah cabang dari brobkus yang letaknya bermuara ke alveolus. Struktur dari bronkiolus sendiri tidak memiliki tulang rawan, namun memiliki silia, dan pada bagian ujungnya terdiri dari jaringan yang dinamakan epitelium yang bentuknya menyerupai kubus bersilia. Bronkiolus sendiri merupakan sebuah saluran cabang beruukuran kecil, yang mengirimkan udara atau oksigen masuk ke dalam dinding paru-paru..

Baca: 10 Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi utama dari bronkiolus adalah sebagai tempat saluran udara yang menghubungkan lingkungan luar dengan paru-paru. Sedangkan fungsi lainnya adalah sebagai pengendali resistensi aliran udara dan mendistribusikan udara tersebut ke paru-paru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here