10 Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

105

Fungsi bronkus pada sistem pernapasan tubuh manusia – Tubuh manusia memiliki banyak sekali organ, salah satu diantaranya adalah sistem pernapasan manusia. Diantara organ tersebut, manusia memiliki sistem organ pernapasan yang berfungsi memudahkan udara masuk ke daalam paru-paru yang dinamakan dengan bronkus.

Bronkus adalah kaliber atau tempat masuknya udara pada sistem pernapasan manusia, dan yang membawa udara masuk ke dalam paru-paru. Sedangkan bronkitis merupakan salah satu peradangan pada bronkus. Bronkitis sendiri terdapat dua tipe yaitu tipe akut dan kronik. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Percabangan dari bronkus tersebut dinamakan dengan bronkiulus. Bronkus sendiri terdiri dari dua cabang, pertama cabang yang menuju ke paru-paru kiri, dan yang lain menuju paru-paru kanan. Selain sebagai tempat menyalurkan udara atau sebagai tempat masuknya udara, bronkus masih memiliki fungsi lain dalam sisitem pernapasan manusia. Untuk mengetahui apa saja fungsi dari bronkus secara lengkap bisa dilihat dibawah ini.

Fungsi bronkus dalam sistem pernapasan manusia

Berikut beberapa fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia:

  1. Berfungsi sebagai tempat saluran utama menuju alveolus.
  2. Berfungsi menyalurkan udara dari trakhea menuju bronkiolus
  3. Berfungsi sebagai tempat bertukarnya O2 (oksigen) dan CO2 (karbon dioksida).
  4. Berfungsi menangkap debu yang hendak atau akan masuk ke dalam paru-paru. Dinding bagian dalam bronkus sendiri dilapisi oleh lendir yang dapat membuat partikel asing dan membuat debu tersebut menempel di lapisan lendir tersebut.
  5. Berfungsi Sebagai tempat mengeluarkan debu dan juga partikel asing dari paru-paru dengan bantuan dari silia (bulu halus bergetar) yang terdapat pada dinding bronkus.
  6. Berfungsi sebagai media konduktor udara antara atmosfer dan juga alveoli.
  7. Berfungsi menghubungkan antara tenggorokan dan paru-paru.
  8. Berfungsi mencegah infeksi paru-paru dengan mencegah partikel asing dan bakteri masuk ke dalam paru-paru.
  9. Berfungsi membantu paru-paru bernapas lebih cepat dan lebih dalam setelah melakukan pekerjaan berat atau setelah olahraga. Ketika kondisi tubuh sangat lelah, tubuh akan melepaskan hormon yang bernama norepinefrin yang berfungsi membuat otot bronkus beristirahat, dan yang bermanfaat membuat udara yang masuk ke paru-paru lebih banyak.
  10. Berfungsi mengontrol tekanan atau jumlah udara yang di distribusikan melalui paru-paru dengan kontriksi dan dilatasi.

Nah, itulah 8 fungsi utama dari bronkus pada sistem pernapasan manusia, bronkus perannya cukup penting dalam proses kinerja tubuh manusia, karena menjadi tempat utama masuknya udara ke paru-paru. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai anatomi tubuh manusia, dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here