9 Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia

428

Karena tugas dan kewenangan presiden sangat banyak dan tidak mungkin dikerjakan sendiri, presiden memerlukan orang lain untuk membantunya. Dalam melaksanakan tugasnya, Presiden Republik Indonesia dibantu oleh seorang wakil presiden yang dipilih bersamaan dengannya melalui pemilihan umum, serta membentuk beberapa kementerian Negara yang dipimpin oleh menteri-menteri negara. Menteri-menteri negara ini dipilih dan diangkat serta diberhentikan oleh presiden sesuai dengan kewenangannya.

Baca: 26 Nama Kementerian dan Tugasnya di Indonesia

Kementerian negara Republik Indonesia merupakan lembaga negara yang dipimpin oleh menteri yang bertugas untuk membantu dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Setiap kementerian diberikan tugas yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing. Selain itu, terdapat pula beberapa kementerian koordinator yang bertugas sebagai penanggungjawab beberapa kementerian yang bergerak pada urusan pemerintahan yang sama.

Jelaskan Fungsi Dari Kementerian Negara Republik Indonesia!

Fungsi utama dari Kementerian Negara Republik Indonesia adalah menyelenggarakan urusan tertentu dalam pemerintahan dan bertanggung jawab kepada presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Untuk urusan lainnya mengenai Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia bisa dilihat dibawah ini:

  1. Merumuskan kebijakan-kebijakan sesuai bidangnya.
  2. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan-kebijakan sesuai bidangnya.
  3. Menjalankan pemerintahan kekuasaan eksekutif sesuai dengan perundang-undang yang telah ada serta isu-isu telah diputuskan oleh presiden.
  4. Mengarahkan lembaga dan institusi yang beroperasi di bawah tanggung jawab mereka serta memberikan dukungan substantif.
  5. Melakukan pengawasan langsung pada daerah dan administrasi lokal di dalam sektor administratif lingkup tugasnya.
  6. Mengelola barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawabnya.
  7. Melakukan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional.
  8. Menjalankan pelayanan administrasi.
  9. Mempersiapkan keputusan kebijakan politik pemerintahan sesuai dengan mandat presiden.

Kementerian negara merupakan lembaga negara yang dipimpin oleh seorang menteri dan bertanggungjawab langsung kepada presiden, Kementerian negara bertugas membantu presiden dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan memastikan terselenggaranya pemerintahan yang adil kepada seluruh rakyat.

Source: https://brainly.co.id/tugas/1292585

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here