Fungsi Sitoplasma dan Organel Sel Lainnya

341

Sitoplasma adalah bagian sel yang terbungkus membran sel. Pada sel eukariota, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. Pada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya. Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi serta perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.

Sitoplasma memunyai bentuk seperti cairan kental seperti jelly yang berada diantara membran sel dan dan membran inti yang berisi sitosol, organel organel sel, vesikel, sitoskeleton dan zat zat inklusi.

Fungsi Sitoplasma

Fungsi utama dari sitoplasma adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel, karena organel sel sendiri terdapat di sitosol. Sifat sitoplasma adalah zat semi cair seperti gel yang terdapat di sitoplasma. Sitoplasma bergerak di dalam sel untuk menjamin berlangsungnya pertukaran zat agar metabolisme berlangsung dengan baik. Gerakan sitoplasma mengakibatkan gerakan pada organel-organel yang dapat diamati dengan mikroskop. Sedangkan fungsi lain dari sitoplasma antara lain sebagai berikut

  1. Menyimpan berbagai jenis zat kimia yang digunakan untuk proses metabolisme sel. Seperti enzim, ion, gula, lemak, dan protein.
  2. Sebagai tempat dimana semua pekerjaan sel dilakukan.
  3. Menyokong seluruh isi di dalam sel. Sitoskeleton dalam sitoplasma dapat membantu menjaga bentuk sel dan mempertahankan organel-organel pada tempatnya masing-masing.
  4. Pelarut untuk semua protein dan senyawa di dalam sel.
  5. Sebagai perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.
  6. Tempat Berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat-zat melalui reaksi kimia. Seperti proses pembentukan energi, glikolisis anaerob, dan sintesis asam lemak, asam amino, protein, dan nukleotida.
  7. Membantu pergerakan unsur atau zat dari satu bagian sel ke bagian lain.
  8. Menjamin berlangsungnya pertukaran zat di dalam sel.
  9. Mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula.
  10. Menjaga berlangsungnya metabolisme supaya tetap bekerja dengan baik.

Sel merupakan unit terkecil pada makhluk hidup. Organisme yang beraneka ragam memiliki struktur sel yang hampir sama. Secara umum, sel tersusun atas nukleus, membran sel dan protoplasma yang terdiri atas cairan sel (sitoplasma) dan organel-organel sel. Organel merupakan bagian sel yang mempunyai fungsi yang spesifik.

Fungsi Sitoplasma dan Organel Sel Lainnya

Macam-Macam Organel Sel Lainnya

Macam-macam organel yang terdapat pada sel sebagai berikut:

1. Membran sel (membran plasma)
Membran sel tersusun atas lemak (lipid), fosfor, karbohidrat, dan protein. Membran sel berguna untuk melindungi dan mengatur pergerakan zat yang keluar masuk sel. Membran sel bersifat semipermeabel yang dapat dilewati oleh air, oksign, serta zat yang larut dalam lemak dan ion tertentu. Adapun zat yang tidak bisa melewati membran sel adalah gula (glukosa) dan protein.

2. Sitosol
Sitosol merupakan cairan sel. Sitosol mengandung berbagai macam zat, diantaranya protein, lemak, karohidrat, zat-zat anorganik, enzim, vitamin, dan hormon. Sitosol berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel karena organel sel terdapat di sitosol.

3. Inti sel (Nukleus)
Inti sel tersusun atas membran, cairan inti (nukleoplasma), kromosom, dan anak inti (nukleolus). Cairan inti terdiri atas air, protein, dan mineral. Kromosom merupakan pembawa sifat menurun yang tersusun atas benang-benang kromatin. Nukleus berfungsi mengatur seluruh kegiatan sel itu sendiri.

4. Mitokondria
Mitokondria merupakan organel bermembran yang berfungsi sebagai tempat penghasil energi. Semakin aktif suatu sel maka semakin banyak mitokondrianya contohnya pada sel sperma dan sel otot.

5. Ribosom
Ribosom merupakan salah satu organel yang berukuran kecil dan padat dalam sel. Ribosom berwujud butiran-butiran. Ribosom ada yang menempel pada membran retikulum endoplasma dan ada yang bebas di sitosol. Ribosom berfungsi sebagai tempat membuat (mensisntesis) protein.

6. Retikulum endoplasma
Retikulum endoplasma merupakan saluran berliku yang membentang dari inti sel menuju ke sitoplasma. Ada dua macam Retikulum endoplasma, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Pada membran retikulum endoplasma kasar terdapat ribosom, sedangkan etikulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom. Retikulum endoplasma berfungsi untuk membentuk dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh organel-organel sel. Baca: Fungsi Retikulum Endoplasma (Halus dan Kasar)

7. Badan golgi (Kompleks golgi)
Badan golgi berbentuk seperti kumpulan kantong yang bertumpuk-tumpuk. Badan golgi berperan untuk memodifikasi bahan-bahan yang dihasilkan oleh retikulum endoplasma dan menyalurkan ke organel-organel yang membutuhkan. Selain itu badan golgi juga yang membentuk dinding sel dan lisosom (pada sel hewan)

8. Lisosom
Lisosom adalah organel berbentuk kantong yang berisi enzim pencernaan. Lisosom berguna untuk mencerna zat sisa, makanan, atau zat asing. Apabila lisosom pecah, enzim di dalamnya akan mencerna atau menghancurkan organel sel dan akibatnya sel akan mati. Lisosom hanya ada di sel hewan dan tidak terdapat pada sel tumbuhan.

9. Sentriol
Sentriol berfungsi dalam pembelahan sel. Sentriol hanya dimiliki oleh sel hewan jadi tidak ada pada sel tumbuhan.

10. Vakuola
Vakuola berarti ruangan sel yang terdapat pada tumbuhan yang sudah tua, vakuola berukuran besar dan berisi cadangan makanan. Adapun pada hewan vakuola berukuran kecil. Pada protozoa, terdapat dua jenis vakuola, yaitu vakuola makanan dan vakuola kontraktil. Vakuola makanan berfungsi untuk mencerna makanan sedangkan vakuola kontraktil berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa dan mengatur keseimbangan air dalam sel.

11. Plastisida
Plastisida hanya terdapat di sel tumbuhan. Plastisida mengandung pigmen atau warna tertentu. Kloropas merupakan plastisida yang berwarna hijau karena memiliki klorofil dan berperan dalam proses fotosintesis. Kromoplas berwarna kuning karena memiliki pigmen xantofil. Leukopas berwarna putih dan berguna sebagai tempat cadangan makanan.

12. Dinding sel
Membran sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Selain melindungi sel, dinding sel juga menjaga bentuk sel tumbuhan tidak berubah dan tetap.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here