Fungsi Testis Pada Sistem Reproduksi Pria

626

Fungsi Testis – Testis adalah kelenjar kelamin jantang yang biasanya terdapat pada manusia dan hewan. Testis sendiri jumlahnya sepasang atau dua buah. Testis dibungkus dengan apa yang namany Skrotum (kantong kulit dibawah perut), Skrotum memiliki fungsi melindungi testis dan menjaga suhu.

Testis pada manusia, terletik dibagian luar tubuh, dihubungkan degan tubulus spermatokus dan terletak di dalam Skrotum. Dan hal ini sesuai dengan fakta bahwa proses spermatogenesis pada mamalia akan lebih efisien bila berada dengan suhu lebih rendah dari tubuh (< 37°).

Fungsi Testis Pada Sistem Reproduksi Pria

Sedangkan pada tubulus spermatikus terdapat apa yang namanya otot kremaster, yang apabila berkontraksi akan mengangkat testis mendekat dengan tubuh. Apabila suhu testis turun, otot kremaster akan berelaksasi dan testis menjauhi tubuh. Proses ini dikenal dengan nama refleks kremaster.

Selama pada masa pubertas pada laki-laki, testis mulai berkembang untuk spermatogenesisi (menghasilkan sperma). Untuk ukuran testis sendiri tergantung pada produksi sperma, cairan intersisial, dan produksi cairan dari sel Sertoli. Pada dasarnya, kedua testis memiliki ukura tidak sama besar, dan bisa juga salah satunya terletak lebih rendah dari pada yang satunya.Hal tersebut diakibatkan oleh perbedaan struktur anatomis pembuluh daerah baik pada testis kiri atau kanan.

Fungsi Testis Pada Laki-Laki

Testis berperan penting pada sistem reproduksi dan sistem endokrin pada manusia. Karena testis berfungsi memproduksi sperma (spermatozoa), dan juga memproduksi hormon seks pada pria (hormon testosteron).

Di dalam testis sendiri terdapat banyak saluran yang disebut dengan tubulus seminiferus. Tubulus ini dipenuhi dengan lapisan sel sperma, baik yang sudah berkembang atau tengah berkembang Spermatozoa (sel benih yang sudah siap diejakulasikan), akan bergerak dari tubulus menuju rete testis, duktus efferen, dan epididimis. Bila mendaat rangsangan dari luar, spermatozoa dan cairannya akan dikeluarkan ke luar melalui alat reproduksi pria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here