Fungsi Tulang Hasta dan Letaknya Pada Tubuh Manusia

Fungsinya tulang hasta – Dalam materi pelajaran di sekolah khususnya dalam pelajaran Biologi pastinya kita akan diajarkan materi mengenai kerangka tulang tubuh manusia. Salah satu diantaranya adalah akan dibahas mengenai fungsi tulang hasta pada anggota tubuh manusia. Biasanya materi tentang fungsi tulang hasta akan dibahas dalam kelas 5 SD. Nah, berikut penjelasan lengkap mengenai fungsi tulasng hasta pada bagian tubuh manusia.

Rangka merupakan salah satu bagian dari sistem gerak. Selain sebagai sistem gerak, rangka manusia juga merupakan pelindung organ.  Selanjutnya, rangka manusia dibagi menjadi rangka aksial dan rangka apendikular. Rangka aksial berfungsi sebagai sumbu tubuh, sedangkan rangka apendikular berfungsi sebagai pendukung gerak tubuh.

Fungsinya Tulang Hasta

Fungsi tulang hasta adalah membentuk lengan bawah sebagai alat gerak dan menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan. Nama lain dari tulang hasta adalah ulna. Tulang hasta pada manusia merupakan tulang lengan bawah yang seturut dengan jari kelingking. Tulang hasta selanjutnya bekerjasama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah. Berikut fungsi lengkap dari tulang hasta.

Fungsi – fungsi tulang hasta diantaranya :

  • Sebagai penunjang kerangka tangan manusia.
  • Membantu pergelangan tangan untuk memutar.
  • Membentuk tulang lengan bawah, serta
  • Menunjang lengan bawah untuk mampu bergerak.

Gambar Tulang Hasta

Funsi tulang hasta pada anggota tubuh manusia

Letak Tulang Hasta Pada Anggota Tubuh Manusia

Tulang hasta atau radius adalah tulang lengan bawah yang menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Tulang hasta terletak di sisi lateral tulang pengumpil (radius). Bentuk badan tulang hasta semakin ke bawah semakin membesar yang akan membentuk persendian pergelangan tangan.

Tulang hasta atau ulna merupakan tulang panjang di bagian medial lengan bawah. Terletak sejajar dengan tulang pengumpil (radius).Badan tulang hasta melebar pada bagian proksimal dan menyempit di bagian distal.Pada proksimalnya, memiliki sebuah tonjolan (processus) yang disebut procesus olecranii, sebuah struktur seperti kail pancing yang nantinya masuk ke dalam fossa olecrani pada humerus.Pada bagian distal terdapat processus styloideus.

Nha, itulah jawaban mengenai fungsi tulang hasta atas pengumpil pergelangan tangan telapak tangan yang dapat saya bagikan untuk Anda. Demikian artikel yang dapat saya bagikan menganai pelajaran Biologi dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *