Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia

371

Rangka adalah susunan tulang-tulang yang saling berhubungan satu sama lain sehingga membentuk tubuh manusia. Rangka atau kerangka di dalam tubuh manusia memiliki berbagai macam kegunaan diantaranya melindungi organ-organ tubuh yang penting, sebagai tempat melekatnya otot dan daging, menegakkan tubuh, Memberi bentuk pada tubuh, dan sebagai alat gerak pada tubuh (alat gerak pasif). Rangka juga bisa dikatakan sebagai sistem penyokong organisme, sistem penyokong ini bertindak sebagai bingkai tubuh yang tegar dan biasanya rangka tersusun dari kalsium.

Baca: Fungsi Tulang Hats Pada Tubuh Manusia

Diantara bagian-bagian rangka tulang tersebut yang paling penting adalah tulang paha dan kurang kering, karena kedua tulang tersebut bisa dikatakan sebagai tulang yang paling besar dan paling kuat diantara tulang lainnya. Berikut pengertian tulang kering dan tulang paha beserta fungsi utamanya bagi tubuh manusia.

Fungsi Tulang Paha Pada Anggota Tubuh Manusia

Tulang paha dalam bahasa latin disebut femur, Tulang paha terdiri dari bagian kepala dan leher pada bagian proksimal dan dua condylus pada bagian distal. Salah satu fungsi penting kepala tulang paha adalah tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya, pada ujung distal tulang paha terdapat condylus yang akan membuat sendi condylar bersama lutut. Berikut beberapa fungsi tulang paha pada tubuh manusia.

  1. Sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari
  2. Menghubungkan tulang bagian pinggul dan lutut, menyangga badan saat berjalan
  3. Sebagai tempat produksi sel darah merah pada sumsum tulangnya
  4. Sebagai penghubung tubuh bagian pinggul dan lutut
  5. Bersama lutut, tulang paha dapat membuat sendi condilar

Nah, itulah fungsi tulang paha pada tubuh manusia beserta penjelasan sedikit mengenai kerangka. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai fungsi tulang paha dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here