7+ Hak-Hak Istimewa VOC (Hak Oktroi)

536

Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur) atau biasa disingkat VOC yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 adalah perusahaan Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC yang merupakan perserikatan dagang Hindia Barat.

Baca juga: Latar Belakang Berdirinya VOC

Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan pertama yang mengeluarkan pembagian saham. Meskipun sebenarnya VOC merupakan sebuah badan dagang saja, tetapi badan dagang ini istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas-fasilitas sendiri yang istimewa. Misalkan VOC memiliki tentara dan boleh bernegosiasi dengan negara-negara lain VOC bisa dikatakan adalah sebuah negara.

Selain di dukung organisasi yang terstruktur dengan baik, VOC juga merupakan perkumpulan dagang pertama yang melakukan sistem pembagian keuntungan (deviden) bagi para pemegang sahamnya.

Tujuan dibentuknya VOC

Adapun tujuan dari dibentuknya VOC adalah sebagai berikut:

  • Menghindari terjadinya persaingan yang tidak sehat di antara pedagang-pedagang (kongsi-kongsi dagang) Belanda.
  • Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa-bangsa Eropa lainnya seperti serikat dagang East India Company dari Inggris.
  • Memonopoli perdagangan rempah-rempah di Indonesia.
  • Membantu pemerintah Belanda yang sedang berjuang melawan pendudukan Spanyol.

Pada awalnya terbentuknya, VOC belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai sebagai sebuah persekutuan dagang, tetapi VOC memiliki kelebihan dalam bentuk sistem organisasi yang sudah tertata. Kelebihan inilah yang membuat VOC berhasil dan mampu menguasai perdagangan di Indonesia, apalagi ketika pemerintah Belanda memberi hak-hak istimewa dan hak oktroi kepada VOC.

Hak oktroi adalah hak untuk monopoli perdagangan rempah-rempah, mencetak mata uang sendiri, memiliki pasukan dan armada laut, membangun benteng serta hak membuat perjanjian dan menyatakan perang. Karena VOC memiliki kepanjangan Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau Perusahaan dagang Hindia Belanda.

Hak istimewa VOC (Hak Oktroi)

Adapun hak istimewa yang diberikan Belanda kepada VOC adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi wakil sah pemerintah Belanda di Asia
  2. Melakukan monopoli perdagangan
  3. Mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri
  4. Mengadakan perjanjian serta memaklumkan perang dengan negara lain
  5. Menjalankan kekuasaan kehakiman
  6. Memungut pajak
  7. Memiliki angkatan perang sendiri
  8. Menyelenggarakan pemerintahan sendiri.

Dengan wewenang seperti ini, sebuah perkumpulan dagang seperti VOC bertindak sebagaimana layaknya sebuah negara. Tidak mengherankan dalam waktu lima tahun VOC telah memiliki 15 armada yang terdiri dari 65 kapal, yang memulai pelayarannya dari pelabuhan-pelabuhan Belanda di Rotterdam, Amsterdam, Middelburg, Vlissingen, Vverre, Delft, Hoorn, dan Enkhuizen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here