Hari Ibu Tanggal Berapa Tahun 2019

Hari ibu tanggal berapa? Melihat banyak sekali hari dalam 1 tahun pastinya tidak heran jika ada hari khusus yang harus dirayakan setiap tahun, seperti halnya hari spesial keagamaan, hari pemeringatan, hingga hari libur nasional. Dan hari tersebut tidak terkecuali hari Ibu. Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Nah, lalu hari ibu dirayakan pada tanggal berapa? berikut jawabannya!

Tanggal Berapakah Hari Ibu?

Hari ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember, tidak tercecuali di tahun 2019 yang juga diperingati pada tanggal 22 Desember. Tujuannya dibuat haru khusus Ibu adalah agar kita bisa mengetahui bahwa besarnya pengorbanan seorang ibu kepada anaknya dan suaminya.

Tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang bukan Hari Libur, dan tanggal 22 Desember dipilih karena pada tanggal ini pernah diselenggarakan Kongress Perempuan I pada tahun 1928.

Hari Ibu Jatuh Pada Tanggal dan Bulan Berapa?

Organisasi pergerakan perempuan ikut mempelopori pergerakan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Pergerakan ini ditandai dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 22 Desember 1928. Oleh karena itulah hari Ibu di Indonesia selalu dirayakan pada tanggal 22 Desember.

Sekitar 30 organisasi perempuan Indonesia ikut serta, dan dalam kongres ini dibentuk pula Persatoean Perempoean Indonesia (PPI), yang kemudian diubah menjadi Perikatan Perhimpoenan Istri Indonesia (PPII). Kongres Perempuan nasional berikutnya diadakan di Jakarta pada tahun (1935), Bandung (1938), dan Semarang (1941), dalam mana perjuangan nasional berangsur-angsur semakin menonjol. Dalam kongres 1935 terbentuklah Kongres Perempuan Indonesia (KPI), dan dengan demikian PPII dibubarkan.

Untuk mengenang kesuksesan Kongres Perempuan Indonesia, saat ini tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu. Pada Hari Ibu biasanya anak memberikan penghargaan pada jasa-jasa ibunya, hari Ibu memiliki makna yang lebih mendalam, selain makna kasih sayang ibu dan anak, Hari Ibu ini juga merupakan tonggak sejarah perjuangan perempuan Indonesia mencapai kemerdekaan, menebalkan rasa kebangsaan, hingga perjuangan perempuan untuk mendapat hidup yang layak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *