Insomnia adalah? Arti Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasi

Arti Insomnia – Bagi sebagian orang pastinya kurang tahu mengenai arti dari Insomnia? namun akan tahu bila sudah merasakan apa yang namanya Insomnia. Lalu apa itu Insomnia? Secara singkat Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan susah tidur. Insomnia mungkin tidak terjadi pada kebanyakan orang, namun untuk beberapa orang saja. Lalu apa saja penyebab dari Insomnia dan cara mengatasinya. Berikut jawabannya!

Pengertian Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis, dan juga beberapa faktor dari luar yang bisa membuat seseorang menderita insomnia.

Beberapa penderita insomnia bergantung kepada obat, khususnya obat penidur yang bertujuann agar ia bisa terlelap, namun mengkonsumsi obat tidur secara terus menerus bisa menyebabkan sugesti dari diri sediri yaitu jika mereka tidak bisa tidur tanpa adanya obat tidur tersebut, yang kahirnya menyebabkan ketergantungan.

Macam-Macam Insomnia

Insomnia juga memiliki tingkatan berdasarkan macam atau keparahannya, yaitu sebagai berikut.
Pertama adalah Insomnia akut, insomnia ini umumnya berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama atau hanya berlangsung dalam beberapa hari atau beberapa minggu saja, dan yang kedua adalah Insomnia kronis, yaitu insomnia ini  berlangsung dalam waktu yang lama atau bisa lebih dari 1 bulan bagi penderitanya.

Penyebab Terjadinya Insomnia

Penyebab dari insomnia secara umum biasa adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan jam di waktu kerja yang biasanya menyebabkan tubuh sulit menyesuaikan diri sehingga mengalami kesulitan saat mau tidur.
  2. Stress adalah penyebab Insomnia yang paling umum, karena kebanyakan pikiran atau masalah menyebabkan seseorang susah tidur karena memikirkan masalah tersebut.
  3. Kebisingan juga menjadi salah satu penyebab dari insomnia atau susah tidur, karena ada beberapa tipe orang yang bisa tidur saat suasana tenang maka dengan adanya kebisingan bisa mengganggu waktu tidur.

Cara Mengatasi Insomnia

  1. Mengubah gaya hidup, yang bisa dilakukan dengan cara seperti berhenti merokok bagi yang merokok, karena terdapat kandungan nikotin pada rokok yang menyebabkan susah untuk tidur, dan juga menghindari tidur siang yang terlalu lama.
  2. Hati-hati dengan makanan yang di konsumsi sebelum memasuki waktu tidur, seperti menonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, contohnya seperti kopi. Karena makanan dan minuman yang mengandung 400 mg kafein dalam waktu kurang lebih enam jam sebelum tidur masih mampu mempengaruhi kualitas tidur Anda.
  3. Meningkatkan kuantitas aktivitas fisik. Menurut penelitian bahwa berolahraga sekitar 20 hingga 30 menit sehari secara rutin selama empat bulan, dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik.

Nah, itulah pengertian mengenai Insomnia beserta macam, penyebab dan cara mengatasi Insomnia. Demikian artikel singkat yang dapat saya bagikan mengenai arti dari Imsomnia dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *