Invasi adalah? Arti Invasi, Pengertian Invasi dan Agresi

401
5/5 (1)

Invasi adalah? – Dalam materi pelajaran sejarah, pasti akan diajarkan mengenai beberapa sejarah mengenai penyerbuan suatu negara ke negara tetangga atau juga bisa ke negara lain yang jaraknya lumayan jauh. Istilah yang digunakan dalam penyerbuan tersebut adalah Invasi. Lalu apa pengertian lengkap mengenai invasi? berikut informasi beserta penjelasannya.

Pengertian Invasi

Invasi adalah serangkaian aksi militer angkatan bersenjata suatu negara yang memasuki daerah yang dikuasai oleh suatu negara lain (penyerbuan), dengan tujuan utama untuk menguasai daerah tersebut dan merubah pemerintahan yang berkuasa. Alhasil Invasi invasi sendiri bisa menjadi penyebab sebuah perang antar negera, bisa juga digunakan sebagai strategi untuk menyelesaikan perang internal negara, dan bisa menjadi inti dari perang itu sendiri.

Istilah invasi biasanya dipakai pada suatu aksi strategis militer yang jumlahnya cukup besar, karena tujuan akhir dari sebuah invasi adalah skala yang besar dan dengan jangka waktu yang panjang. Selain itu daerah yang diinvasi juga memerlukan pasukan yang jumlahnya sangat besar dibutuhkan untuk mempertahankan daerahnya tersebut. Infiltrasi taktis kecil tidak termasuk invasi, dan lebih sering diklasifikasikan sebagai serbuan (penyerbuan), skirmish, atau serangan.

Invasi adalah? Arti Invasi, Pengertian Invasi dan Agresi

Invasi pada pada dasarnya sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk memperluas wilayah dengan mengambil bagian dari negara lain, dan ada juga tujuan invasi untuk kepentingan politik. Akan tetapi, motif atau tujuan lain yang pernah terjadi bisa berupa pengembalian wilayah yang dulunya diambil oleh negara lain, idealis keagamaan, perlindungan terdahap negara sekutu, hingga menengahi konflik antara kedua belah pihak yang biasanya terjadi dalam suatu negara.

Pengertian Agresi

Invasi juga tidak terlepas dengan apa yang namanya agresi. Pengertian dari agresi sendiri merujuk pada perilaku yang dimaksudkan atau ditujukan untuk membuat objeknya mengalami bahaya atau kesakitan. Agresi juga dapat dilakukan baik secara verbal atau fisik. Sedangkan perilaku yang secara tidak sengaja menyebabkan bahaya atau kesakitan bukan merupakan sebuah agresi. Pengerusakan barang atau perilaku destruktif lainnya juga termasuk dalam definisi agresi. Agresi tidak sama dengan ketegasan.

Nah, itulah sedikit pengertian mengenai invasi dan juga pengertian agrasi, demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai materi pelajaran sejarah dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here