Jelaskan Apa Tugas BPUPKI dan PPKI

BPUPKI merupakan suatu badan penyelidik khusus negara yang didirikan sebagai komponen atau bagian dari usaha dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, sesuai dengan yang apa dijanjikan oleh Jepang. BPUPKI sendiri memiliki kepanjangan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sedangkan dalam bahasa Jepang, badan ini dikenal dengan nama Dokuritsu Jumbi Cosakai.

BPUPKI pertama kali dibentuk pada 1 Maret taun 1945 oleh Jepang dengan nama Dokuritsu Jumbi Cosakai. Dengan tokoh yang ditunjuk sebagai ketua adalah Dr. Rajiman Widioningrat. Sebelum BPUPKI resmi dibubarkan dan digantikan dengan PPKI, BPUPKI telah sukses melaksanakan dua kali sidang resmi. Sidang pertama berlangsung pada 20 Mei sapai 1 juni 1945. Sedangkan untuk sidang resmi kedua berlangsung pada 10 hingga 14 Juli 1945.

Tugas BPUPKI

Tugas utama dari BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut pembentukan negara indonesia merdeka dan membahas tentang dasar negara.

Jelaskan Apa Tugas BPUPKI dan PPKI

Sedangkan PPKI merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang dibuat pada tanggal 7 agustus 1945 dan memiliki nama dalam bahasa jepang “Dokuritsu Junbi Inkai Dokuritsu” yang diketuai sendiri oleh Ir. Soekarno yang beranggotakan 27 orang dan ppki pernah mengadakan sidang pada tanggal 18 agustus 1945 di Gedung road van die. Sidang tersebut menghasilkan beberapa keputusan, diantaranya adalah

  1. Menetapkan UUD 1945.
  2. Melantik Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden.
  3. Membuat komite nasional untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden.

Pada Tanggal 19 agustus 1945 PPKI kembali mengadakan sidang yang menghasilkan pembuatan 12 kementrian dan 4 menteri negara. Dan pada tanggal 22 agustus 1945, PPKI juga melakukan sidang ketiga dengan menghasilkan pembentukan komite nasional, partai nasional, serta badan keamanan rakyat.

Tugas PPKI

Tugas dari PPKI adalah mempersiapkan kemerdekaan indonesia, mengesahkan undang undang dasar, membentuk komite nasional untuk membantu presiden sebelum MPR dan DPR terbentuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *