Jepang Menjajah Indonesia Selama Berapa Tahun?

Jepang menjajah indonesia selama? – Ari itu tanggal 13 Februari 1942 pagi hari , tentara Jepang bersiap menyerang Kota Palembang, persiapan dilaksanakan dari pangkalan militer perang Jepang di Malaysia. dengan kekuatan udara Jepang bersiap menyerang Palembang yang saat itu masih diduduki oleh Belanda.

Kekuatan Angkatan Laut Jepang juga ikut bergerak menuju Palembang. Alasan utama Jepang mengambil Palembang dari tangan Belanda adalah embargo minyak yang diberlakukan America terhadap Jepang. Tidak ada jalan lagi kecuali mengambil alih kekuasaan Belanda di Palembang, karena Palembang merupakan basis minyak bagi pemerintahan Belanda di Indonesia saat itu, bahkan minyak yang di ambil Belanda dari Palembang juga dijual ke negara-negara eropa termasuk Amerika.

Akhirnya Jepang dapat menguasai Sungai Grong dan Plaju, inilah awal cerita penderitaan warga Sumatera Selatan akan kekejaman penjajahan Jepang. Peristiwa ini memang tidak pernah di ekspos oleh media, entah mengapa mungkin karena tidak begitu penting. tapi dalam catatan sejarah Perang Asia Pasific peristiwa penyerangan terhadap Palembang ini adalah peristiwa yang sangat penting karena Rencana penyerangan langsung atas Perintah Kaisar Jepang .

Pertempuran Palembang adalah pertempuran Perang Pasifik Dunia II. Hal ini terjadi di dekat Palembang, Sumatra, pada 13-15 Februari 1942.Kerajaan Belanda kilang minyak Shell di Pladju dekat Kota Palembang (Pladjoe) adalah tujuan utama untuk Kekaisaran Jepang dalam Perang Pasifik, karena adanya embargo minyak dikenakan pada Jepang oleh Amerika Serikat, Belanda, dan Inggris. Dengan pasokan bahan bakar yang melimpah di wilayah itu dan lapangan terbang, Palembang menawarkan potensi yang signifikan sebagai basis militer untuk kedua Sekutu dan Jepang. Lalu berapa lama Jepang menjajah Indonesia, berikut jawabannya!

Jepang Menjajah Indonesia Selama Berapa Tahun?

Jawabannya adalah Selama 3,5 tahun, terhitung dari menyerahnya Belanda setelah serangan militer Jepang pada Perjanjian Kalijati (8 Maret 1942), hingga menyerahnya Jepang pada Sekutu di akhir Perang Dunia II (15 Agustus 1945). Berikut Penjelasannya!

Jepang menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung. Belanda menyerah setelah dikalahkan pasukan Jepang, yang menyerang Hindia Belanda, setelah serangan Jepang ke pangkalan Amerika Serikat di peral harbor, Hawaii, pada 7 Desember 1941.

Serangan dan pendudukan Jepang di Indonesia ini didasari oleh kebutuhan Jepang akan sumber daya alam di Indonesia, terutama minyak bumi, dalam upaya perang Jepang melawan China dan Amerika Serikat waktu itu di perang Dunia II.

Awalnya Jepang disambut baik karena Jepang dianggap sebagai pembebas dari Belanda. Jepang menahan para penjajah Belanda dan memberikan posisi di pemerintahan pada penduduk Indonesia. Propaganda Jepang juga menggambarkan pasukan Jepang sebagai pembebas dan Jepang sebagai Cahaya, Pelindung dan Pemimpin Asia.

Namun kemudian, penjajahan jepang menyengsarakan rakyat, seiring dengan adanya pengambilan bahan makanan pokok oleh tentara Jepang yang menyebabkan kelaparan, dan prakter kerja paksa atau romusha.

Seiring dengan rangkaian kekalahan pertempuran di Samudera Pasifik yang dialami Jepang oleh Sekutu, Jepang kemudian menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia dan Jepang membentuk BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) (bahasa Jepang: Dokuritsu Junbi Chōsakai), sebuah Komite untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 29 April 1945 oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada, komandan Angkatan Darat ke-16 di Jawa.

Setelah jatuhnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945, Jepang menyerah tanpa syarat pada tanggal 15 Agustus 1945 kepada Sekutu. Para pemimpin bangsa Indonesia memanfaatkan kesempatan ini untuk mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Nah, itulah sejarah lengkap mengenai masuknya jepang ke Indonesia, beserta berapa lama jepang menjajah Indonesia. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai materi pendudukan Jepang di Indonesia, dengan kata kunci sejarah masuknya jepang ke Indonesia dan jepang menjajah Indonesia selama berapa tahun. Sekian dan smeoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *