Jumlah Total Populasi Penduduk di Asia

311
4/5 (1)

Jumlah total populasi di Asia – Asia merupakan sebuah benua terbesar dan paling padat orang atau penduduknya di dunia, berlokasi di wilayah timur dan belahan utara. Benua ini meliputi 8,7% dari total luas permukaan di bumi dan terdiri dari 30% luas daratann. Dengan sekitar 4,4 miliar populasi penduduk, dan 60% dari populasi manusia dunia saat ini. Asia mempunyai tingkat pertumbuhan yang paling tinggi di era modern saat ini. Dan selama abad ke-20 ini, Populasi penduduk di Asia sudah mencapai empat kali lipat.

Jumlah Total Populasi Penduuduk di Asia

Total jumlah populasi penduduk di Asia hingga di tahun 2016 mencapai angka 4,463 miliar jiwa. Dengan jumlah populasi ini, penduduk benua Asia setara dengan 60% dari total semua populasi dunia. Benua Asia hingga kini masih menempati urutan pertama dalam benua dengan penduduk terbanyak di dunia.

Dengan total luas daratan 31.033.131 kilometer persegi, Benua Asia memiliki kepadatan penduduk sebesar 145 orang per kilometer persegi. Umur penduduk di Asia rata-rata masih muda, dengan usia umum rata-rata di Asia ialah 30,7 tahun. Hal ini terjadi karena disesebab|kan tingginya pertumbuhan penduduk di Asia.

Besarnya jumlah populasi di Asia ini disebabkan karena adanya sebagian wilayah yang sangat amat subur sebagai lahan pertanian, diantaranya sungai Gangga dan Brahmaputra di India, serta sungai Kuning (Huang He) dan sungai Yang Tze di China.

Di antara semua negara di Asia, negara yang mempunyai populasi penduduk terpadat ialah Republik Rakyat China (Tiongkok), dengan jumlah total penduduk sekitar 1,3 milyar jiwa. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Asia yakni India, dengan jumlah total penduduknya sekitar 1,1 milyar jiwa. Negara China dan India juga menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Sedangkan Indonesia menempati urutan ke-tiga dari
jumlah penduduk terbesar di Asia, dan urutan ke-empat di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 257 juta jiwa.

Sedangkan untuk kota terbesar dan terpadat di Asia adalah kota Tokyo di negara Jepang, dengan jumlah populasi penduduk sebesar hampir 40 juta jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here